Senin 04 November 2019, 18:37 WIB

IBC: Ada Duplikasi Honor Tenaga Ahli Penyusunan Pidato Anies

Sri Utami | Megapolitan
IBC: Ada Duplikasi Honor Tenaga Ahli Penyusunan Pidato Anies

Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

INDONESIA Budget Center (IBC) menemukan dugaan duplikasi anggaran di rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI Jakarta. Lembaga swadaya masyarakat tersebut menemukan adanya tumpang tindih dalam beberapa anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Anggaran itu bermasalah dan ternyata proses ini memboroskan," ujar Peneliti IBC Rahmat dalam konferensi pers di Jakarta, 4 November 2019.

Baca juga: ICW Temukan Banyak Anggaran Ganjil DKI

Dalam temuan tersebut, IBC mengendus anggaran ganda terkait honorarium tenaga ahli tim penyusunan sambutan pidato, makalah, dan kertas kerja gubernur-wakil gubernur. Anggaran tersebut terdapat di Biro Kepala Daerah dan Kerja sama Luar Negeri (KDH KLN) serta di Suku Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Kepuluan Seribu.

"Di KDH KLN honorarium tenaga ahli telah dianggarkan Rp390 juta. Anggaran ini juga ditemukan di Sudin Informatika Kepulauan Seribu senilai Rp240 juta. Ini duplikasi anggaran," ungkapnya, Senin (4/11) di Jakarta.

Dari variabel yang digunakan, KDH KLN mengusulkan angka Rp390 juta untuk 6,5 orang selama satu tahun dengan per bulan-nya senilai Rp5 juta. "Ini juga tidak jelas dengan adanya 6,5 orang. Memang orangnya ada," cetus dia.

Hal tersebut, lanjutnya, mengarah pada dugaan proses pembuatan anggaran di awal sangat buruk. Ia berharap ada waktu yang cukup panjang untuk dapat mengoptimalkan anggaran. (Sru/A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More