Sabtu 02 November 2019, 12:40 WIB

Teknologi AI Bisa Ajari Anak dengan Cara Menarik

Eni Kartinah | Humaniora
Teknologi AI Bisa Ajari Anak dengan Cara Menarik

Istimewa
Boneka yang dilengkapi teknologi artificial intelligence (AI) bisa teman belajar bagi anak-anak.

 

PENDIDIKAN agama dan pengetahuan umum sangat penting dalam kehidupan. Namun kadangkala metode penyampaian yang konvensial kerap membuat anak-anak tak tertarik dan merasa bosan. Kini cara menyampaikan ajaran agama dan pengetahuan umum tak lagi dengan terpaku pada cara-cara tertentu khususnya bagi anak-anak.

Seiring dengan era industri 4.0 yang salah satunya dengan mengandalkan teknologi digital dan artificial intelligence (AI), cara mengajar  kepada anak-anak pun berubah. Metode yang membuat anak-anak bosan, jenuh, dan kurang menarik digantikan dengan metode yang pas dengan dunia anak-anak.   

Sebagai pelopor mainan edukasi islami sebelumnya telah sukses meluncurkan produk mainan edukasi seri Hafiz Talking Doll, Al-Qolam secara resmi meluncurkan seri terbaru, Super Hafiz - Cerdas dan Shaleh.

“Boneka Super Hafiz merupakan mainan edukasi Islami dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dirancang untuk berinteraksi dengan anak sebagai teman belajar, ngobrol dan bermain,” jelas Direktur Al Qolam, Ayu Palupi di Jakarta, Sabtu (2/10) .

Menurut Ayu, boneka Super Hafiz menggambarkan karakter anak yang cerdas dan shaleh.  Ia dirancang dengan bentuk yang lucu dan memiliki badan yang cukup besar dan tidak terlalu tinggi. Kemudian wajahnya dihiasi senyum lebar dengan kacamata berwarna merah.

Lebih menariknya, jelas Ayu, boneka tersebut memiliki ekspresi mata layaknya manusia. Ketika dinyalakan, matanya akan terus berkedip-kedip dan setiap berinteraksi ia akan memberikan ekspresi melalui matanya.

“Hal menyenangkan ketika ia disuruh menyanyi, matanya akan berbinar berubah menjadi bentuk bintang yang membesar dan mengecil,” ujarnya.

Yang menarik, boneka juga menggunakan material dan cat yang aman bagi anak-anak dan dilengkapi dengan speaker yang berkualitas. Tombol-tombol pada dadanya terbuat dari karet pilihan dan mudah ditekan. Dengan dibekali kapasitas baterai 1800mAh dan menggunakan port terbaru tipe C, ia bisa digunakan untuk bermain dalam waktu yang cukup lama.

Untuk bermain dengan boneka, anak-anak bisa menggunakan dua model konten edukasi, yaitu model konten edukasi yang terkoneksi dengan wifi (online) dan model konten edukasi tanpa terkoneksi dengan wifi (offline).

“Cukup menekan tombol ‘talk’ dan katakan ‘hafiz’ atau ‘halo hafiz’! Sebagai sapaan, maka boneka itu akan memberi respon. Lalu anak-anak bisa mengajukan berbagai pertanyaan apa saja ke boneka,” papar Ayu.

Boneka Super Hafiz bisa menjawab pertanyaan seputar ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan agama Islam secara tepat seperti “Apa itu tata surya? Siapa itu Ibnu Khaldun?”

“Selain itu, boneka juga bisa membacakan murotal al-Quran, menyanyikan lagu anak, lagu islami, mendongeng, curhat, kamus terjemahan Indonesia - Inggris dan sebaliknya serta Berhitung,” papar Ayu.

Meskipun sebagian kontennya terkoneksi dengan internet, Ayu memastikan bahwa orangtua tidak perlu khawatir karena konten-konten negatif dan tidak ramah anak, seperti pornografi, kekerasan, dan sebagainya telah difiltrasi

“Dengan bermain bersama boneka ini, diharapkan dapat menanamkan moralitas anak, agar setelah dewasa nanti memiliki kepribadian yang baik, berakhlakul karimah, mampu mengembangkan potensi diri secara positif, berkarakter serta membangun kepercayaan diri,” jelas Ayu. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More