Senin 04 November 2019, 09:38 WIB

Sekjen PBB Apresiasi Peran Indonesia di Dewan Keamanan PBB

Antara | Internasional
Sekjen PBB Apresiasi Peran Indonesia di Dewan Keamanan PBB

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama.
Presiden Joko Widodo bergandengan tangan dengan kepala negara dan pemerintahan negara ASEAN saat KTT ASEAN ke-35 di Thailand, kemarin.

 

PERANAN Indonesia dalam perdamaian dunia selama menjadi anggota Dewan Keamanan PBB mendapat apresiasi khusus dari PBB pada KTT ke-35 ASEAN PBB

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini, dalam rilisnya mengungkapkan bahwa pertemuan yang juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, tersebut digelar di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, kemarin.

''Dalam pertemuan dengan UN tadi secara khusus Sekjen PBB menyampaikan apresiasi terhadap peran yang dimainkan Indonesia sebagai bridge builder (menjembatani) selama ini, terutama selama Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB,'' ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan itu.    

Di usianya yang ke-52, ASEAN telah mampu menjaga dan menjadi motor terciptanya perdamaian dan stabilitas di kawasan. Tak hanya itu, ekonomi ASEAN juga mengalami pertumbuhan di atas rata-rata ekonomi dunia. Oleh karenanya, untuk menunjukkan peran dan manfaat ASEAN serta kontribusinya bagi masyarakat dunia, sinergi antara organisasi kawasan yang kuat dengan PBB dipandang perlu untuk semakin ditingkatkan.   

''Presiden menekankan bahwa sinergi yang kuat antara organisasi kawasan seperti ASEAN dengan PBB ini sangat penting artinya karena kalau kawasannya kuat berarti berkontribusi terhadap perdamaian dunia,'' ucapnya.   

Maka, untuk mengupayakan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus menjadikan isu mendorong sinergi antara organisasi kawasan dengan PBB sebagai isu prioritas selama menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.    

''Presiden mengatakan, selama Indonesia duduk di dalam Dewan Keamanan PBB isu sinergitas antara kawasan dan PBB ini menjadi salah satu prioritas utama keanggotaan Indonesia di dalam Dewan Keamanan PBB,'' kata Menlu. (OL-11)

 

Baca Juga

AFP/ANDREW CABALLERO-REYNOLDS

Kunjungi Tiongkok, WHO Diharap Bisa Buka Data Penelitian Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 12 Juli 2020, 16:30 WIB
Ilmuwan di negara lain menyebut Tiongkok belum membuka secara transparan hasil penelitian terkait...
AFP/Jack Guez

Warga Israel Protes Penanganan Covid-19 oleh Pemerintah

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 12 Juli 2020, 15:48 WIB
Pengangguran di Israel melonjak hingga 21% sejak negara memberlakukan lockdown sebagian pada Maret dan paket bantuan yang dijanjikan oleh...
getty Image/AFP

Mengenang Genosida 8.000 Muslim Bosnia oleh Tentara Serbia

👤Deri Dahuri 🕔Minggu 12 Juli 2020, 15:38 WIB
Saat itu, setelah menguasai wilayah Srebrenica, Bosnia, pasukan militer Serbia menangkap dan membantai secara keji sekitar 8.000 pria dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya