Senin 04 November 2019, 08:10 WIB

Gubernur Sugianto Jangan Bikin Resah

Cahya Mulyana | Sepak Bola
 Gubernur Sugianto Jangan Bikin Resah

Dok. Youtube
Aksi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melempar botol air mineral saat pertandingan Kalteng Putra vs Persib Bandung.

 

ULAH Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, kala menyaksikan kompetisi Liga 1 antara Kalteng Putra dan Persib Bandung di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Jumat (1/11), mengundang keprihatinan, bahkan kecaman. Mendagri Tito Karnavian memintanya menyelesaikan masalah itu agar tak menimbulkan keresahan.

Saat menonton pertandingan itu, Sugianto yang semestinya menjadi teladan justru memberikan contoh buruk. Dia melemparkan botol air mineral ke arah lapangan dari tribune VVIP lalu terlibat cekcok dengan Kapolres Palangka Raya AKB Timbul RK Siregar yang berusaha mengamankan situasi. 

Tak pelak, Sugianto menjadi bulan-bulanan. Video yang merekam aksinya viral dan warganet ramai-ramai membanjiri kecaman.

Setelah kasus itu mencuat, Kapuspen Kemendagri Bahtiar Baharudin mengatakan Mendagri menghubungi Sugianto. Tito meminta yang bersangkutan menyelesaikan dampak dari perbuatannya itu agar tidak menimbulkan masalah lain.

"Masalah lokal sudah diselesaikan Gubernur Kalteng dan Kapolda Kalteng, kemarin (Sabtu 2/11). Pak Menteri langsung berkomunikasi dengan Gubernur dan Kapolda Kalteng," terang Bachtiar, kemarin.

Tito, imbuhnya, menekankan agar persoalan itu tidak menimbulkan masalah turunan seperti menimbulkan keresahan di masyarakat. "Supaya dituntaskan dan segera diselesaikan sehingga tak mengganggu ketenteraman masyarakat. Cegah melebar."

Sugianto pun, menurut Bachtiar, telah meminta maaf dan berkomunikasi dengan Kapolda Kalteng untuk menuntaskan persoalan.

Ketua Umum PSSI yang baru saja terpilih, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, juga tak tinggal diam. Dia akan berkoordinasi dengan Komisi Disiplin PSSI untuk menindaklanjuti ulah tak simpatik Sugianto. "Untuk pelemparan, nanti Komdis PSSI yang akan menindaklanjuti," ujarnya.

Namun, dia mengaku belum memastikan langkah atau sanksi yang bisa diberikan kepada Sugianto. Iwan hanya mengatakan akan menyerahkan sepenuhnya kepada Komdis PSSI.

Sugianto berdalih melemparkan botol air mineral karena keprihatinannya terhadap sepak bola. Dia menilai wasit yang memimpin pertandingan tidak adil karena beberapa kali pelanggaran terhadap pemain tuan rumah hanya diganjar peringatan. Sebaliknya, pelanggaran yang dilakukan punggawa Kalteng Putra berbuah kartu kuning, bahkan kartu merah yang diterima striker Patrich Wanggai. (Cah/Faj/X-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More