Senin 04 November 2019, 01:42 WIB

Jambore Pemuda Indonesia 2019 Ajang Interaksi Budaya Nasional

mediaindonesia.com | Humaniora
Jambore Pemuda Indonesia 2019 Ajang Interaksi Budaya Nasional

Istimewa/Kemenpora
Para peserta dari 34 provinsi Jambore Pemuda Indonesia 2019 melakukan sesi foto bersama.

 

JAMBORE Pemuda Indonesia (JPI) 2019, yang dilaksanakan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), turut menjadi ajang interaksi budaya dari 34 provinsi. Hal tersebut diungkapkan para peserja JPI 20a9. 

Dengan mengikuti JPI 2019, Jaklin Ginuni, peserta asal Papua Barat, dan rekan-rekannya mengatakan mereka dapat mengenal budaya dari seluruh Indonesia.

"Dari JPI kami bisa mengenal budaya dari semua provinsi di Indonesia. Bukan hanya mendapatkan teman-teman saja, tapi kami juga bisa mengenal budaya mereka," kata Jaklin.

Jaklin juga mengungkapkan, dari kegiatan tersebut ia merasa bangga sebagai pemuda Indonesia, mempunyai teman yang berasal dari berbagai suku bangsa.

"Ternyata dengan berbagai latar belakang perbedaan, kita bisa satu. Dan kami sebagai pemuda mempunyai tanggung jawab merawat persatuan yang sudah ada," katanya.

Dalam sesi pentas seni dan budaya, kontingen dari Papua Barat akan menampilkan tarian perang Mambri. Tarian  tersebut juga menarik perhatian para peserta dari provinsi lain. 

Hal yang senada juga diungkapkan Paryadi, salah satu anggota kontingen dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kami sangat senang dengan kegiatan ini. Karena karena sangat terasa sekali interaksi budayanya. Baik itu dengan budaya asal teman kami sesama peserta, sekaligus juga budaya lokal di Minahasa," kata mahasiswa semester lima, di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta tersebut.

Paryadi mengungkapkan kekagumannya dengan kondisi di Minahasa yang menurutnya masih asri, dan terawat lingkungannya.
Sementara itu, dalam pentas seni dan budaya, untuk Daerah Istimewa Yogyakarta menampilkan tarian tradisional Jatilan Angguk.

Pada agenda hari ketiga, ratusan peserta JPI melakukan perjalan wisata mengelilingi Kabupaten Minahasa, dan Kota Tomohon.
Mereka juga singgah ke objek wisata Bukit Kasih yang merupakan simbol kerukunan antarumat beragama di Provinsi Sulut. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More