Minggu 03 November 2019, 21:40 WIB

Upaya Komunitas Buddha NSI Satukan Umat

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Upaya Komunitas Buddha NSI Satukan Umat

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Acara gerak Jalan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI tersebut melibatkan 6.000 umat Buddha Niciren Syosyu Indonesia (NSI)

 

PARISADHA Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (NSI) menggelar gerak jalan kerukunan umat beragama yang diikuti sekitar 4.000 peserta dari berbagai kalangan. Ketua Umum NSI, Maha Pandita Utama Suhadi Sendjaja, mengatakan, gerak jalan ini merupakan puncak dari peringatan hari ulang tahun ke-55 NSI.

"Lewat gerak jalan ini kami ingin mengajak seluruh umat untuk semakin mencintai Tanah Air," kata Suhadi Sendjaja di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (3/11).

Selain gerak jalan, NSI juga melakukan sejumlah kegiatan sosial sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT seperti donor darah, doa bersama, sayembara, dan lain-lain.

Suhadi menjelaskan, sebagai komunitas umat Buddha, NSI turut berperan dalam meningkatkan kualitas spiritual dan kualitas cinta Tanah Air pada masyarakat sebagai salah satu upaya memajukan Indonesia. Dia menuturkan, NSI harus mampu mengajak umat-umatnya melakukan hal baik, karena tanpa memberi kepada orang lain pada hakikatnya tidak menerima.


Baca juga: Tangkal Radikalisme lewat Tokoh Agama


"Setiap tahun umur bertambah karya apa yang harus kita tingkatkan? Karena eksistensi kami sebuah keberadaan yang sesuai dengan Buddha Dharma, setiap saat kami harus berusaha memberi manfaat kepada orang lain supaya umat kami bisa terus berubah nasibnya menjadi lebih baik tingkat kualitasnya, baik kualitas intelektualnya, kualitas spiritualnya, maupun kualitas emosionalnya," tuturnya.

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi, mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh NSI. Sebab, Zainut memandang serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan NSI dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya merupakan kegiatan yang bisa mempersatukan seluruh umat beragama.

"Ini merupakan cerminan bahwa kebersamaan di dalam keanekaragaman, di dalam kebinekaan itu sangat indah. Kita harus rawat, jaga, dan pertahankan karena bangsa Indonesia ini memang bangsa yang sangat besar dan moralitasnya sangat luar biasa," tutur Zainut.

Senada, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga juga turut mengapresiasi langkah yang telah dilakukan NSI. Dia pun berharap ke depan NSI akan semakin banyak berkontribusi bagi persatuan dan kemajuan bangsa.

"Ke depan semoga NSI bisa memberikan kontribusi yang jauh lebih besar lagi terhadap pembangunan bangsa dan negara yang kita cintai," tandasnya. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More