Senin 04 November 2019, 03:40 WIB

Winoto Jadi Korban Tanah Longsor Pertama

MI | Nusantara
Winoto Jadi Korban Tanah Longsor Pertama

ANTARA
Longsor di Banjarnegara

 

BENCANA setelah musim berganti bukan lagi ancaman. Di Banjarnegara, Jawa Tengah, Winoto, 45, warga Desa Plumbungan, Kecamatan Pagentan, tewas tertimbun tanah longsor.

Dua warga lainnya, yaitu Sabar, 30, dan Darto, 50, menderita luka berat. Tanah longsor terjadi di Kelurahan Parakancanggah, Kecamatan Banjarnegara. Ketiga korban tertimbun longsoran tanggul irigasi yang jebol sepanjang 15 meter, tinggi 20 meter, dan lebar 3 meter pada Sabtu (2/11).

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arief Rahman mengaku telah meminta warga meningkatkan kewaspadaan atas kemungkinan terjadinya bencana. "Warga harus mulai siap siaga karena saat ini hujan sudah mulai turun. Di awal penghujan sudah ada warga yang jadi korban. Ke depan, harus lebih siap siaga karena hujan akan lebih deras."

Tanah longsor juga mengancam warga di Kampung Nanggorak, Desa Margalaksana, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Empat rumah dalam kondisi kritis karena pergerakan tanah.

"Penghuni rumah sudah direlokasi. Tanah di sekitar empat rumah itu sudah bergerak dan bangunannya sangat kritis dan bisa roboh sewaktu-waktu," ungkap relawan BPBD, Udan.

Di wilayah ini, kemarau panjang membuat banyak lahan mengalami retak, terutama yang berlokasi di perbukitan. Hujan yang turun membuat kondisi tanah makin mengkhawatirkan.

Kedatangan banjir yang tidak bisa diprediksi membuat Pemerintah Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, mendirikan posko penanggulangan banjir di tiap kecamatan. "Kami berharap tidak ada banjir. Kalau banjir datang, kami harus sudah siap," kata Wali Kota Maulan Aklil.

Pada musim penghujan ini, Pemkab Dharmasraya, Sumatra Barat, bersiap membangun dua embung baru. "Ada dana bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp10 miliar," ujar Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Fungsi embung selain sebagai pengendali banjir di musim penghujan, juga jadi penyimpan air dan penyedia stok air saat kemarau. "Tahun ini kedua embung diharapkan sudah selesai sehingga di puncak musim peng-hujan sudah berfungsi," lanjut Bupati. (LD/AD/RF/YH/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More