Minggu 03 November 2019, 20:10 WIB

Perwatusi Ajak Warga Tangerang Makan Ikan dan Olahraga

Sumantri | Megapolitan
Perwatusi Ajak Warga Tangerang Makan Ikan dan Olahraga

ANTARA
Sejumlah peserta mengikuti senam bersama di Alun-alun Kota Tangerang

 

SEDIKITNYA 4.000 warga Tangerang tumpah ruah di Lapangan Achmad Yani Kota Tangerang, Banten, untuk melakukan senam bersama. Kegiatan yang digelar oleh lembaga nirlaba Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) itu dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Nasional dan dunia yang jatuh pada 20 Oktober 2019.

Selain beberapa pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, acara tersebut juga dihadiri oleh Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah. Dalam pembukaan yang disertai dengan pelepasan burung merpati tersebut, Wali Kota Tangerang menyampaikan terima kasih kepada Perwatusi yang telah mensosialisikan soal menjaga kesehatan tulang kepada masyarakat Tangerang.

Arief mengatakan, untuk menjaga kesehatan tidak harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal. Salah satunya cukup dengan menggerakkan tubuh atau olahraga dan berjemur di terik matahari di bawah pukul 09.00 WIB.

"Mari kita rajin bersenam. Karena dengan olahraga seperti itu kita bisa mencegah sakit," kata Arief.

Selain rajin olahraga, imbuh Arief, jangan lupa menjaga kebersihan lingkungan. Karena dari lingkungan pula, kesehatan dapat dijaga.

Sementara itu, Ketua Umum Pewatusi, Anita A Hutagalung, mengatakan, untuk mengatisipasi osteoporosis atau penyakit yang menyerang tulang manusia, harus banyak mengonsumsi ikan dari usia dini.


Baca juga: Mengaku Staf Direksi Pertamina, Seorang Pria Tipu Pacar


Dan penyakit osteoporosis tersebut, kata dia, tidak memiliki tanda-tanda atau rasa sakit sebelumnya. Namun, begitu menyerang biasanya sudah dalam kondisi fatal. Karena itu, kata Anita, pihaknya berkewajiban untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, bagaimana melakukan pencegahan dan mengatasi serangan penyakit itu.

"Sosialisasi ini kami lakukan secara berkesinambungan, bahwa untuk mencegah osteoporosis dengan cara rajin mengonsumsi ikan, senam, dan berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari," kata dia.

Perwatusi, ungkap Anita, juga menjalin kerja sama dengan KKP untuk membangun strategi menyosialisasikan pentingnya mengonsumsi ikan. Karena, lanjut dia, kandungan pada ikan selain berprotein dan berkalsium tinggi, juga mengandung vitamin D sebagai bagian dari menjaga kesehatan tulang.

Dalam sosialisasi yang sudah berjalan selama enam tahun itu, Perwatusi yang saat ini kepengurusannya sudah tersebar di 13 provinsi dan 26 kabupaten/kota mempunyai tema bersama yaitu 'Ayo Makan Ikan dan Berolahraga Untuk Generasi Sehat, Bertulang Kuat Dan Cerdas'. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More