Minggu 03 November 2019, 19:50 WIB

Ganjar Ingin Tour de Borobudur Berkelas Internasional

Tosiani | Nusantara
Ganjar Ingin Tour de Borobudur Berkelas Internasional

(dok humas)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengikuti Tour de Borobudur XIX di Taman Lambini Candi Borobudur, Magelang, Minggu (3/11/2019).

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo ingin penyelenggaraan Tour de Borobudur 2020 akan lebih besar lagi hingga mencapai taraf internasional. Kegiatan itu juga diharapakan menjadi kebanggaan daerah.

Keinginan itu disampaikan Ganjar usai mengalungkan sejumlah medali kepada peserta Tour de Borobudur XIX di pelataran Candi Borobudur, Minggu (3/11).

"Saya kepingin ini menjadi event internasional yang cukup bergengsi. Tahun depan, insya Allah sudah yang ke-20 berarti sudah 20 tahun mestinya lebih bagus," ujarnya.

Ia mencermati pelaksanaan Tour de Borobudur tahun ini cukup bagus dan banyak peminatnya. Rutenya juga sudah diperbaiki, tak hanya untuk keperluan olahraga, tapi juga dapat dinikmati wisatawan. Terlebih cuacanya cukup bagus sehingga amat mendukung kegiatan.

"Hari pertama kemarin memang agak panas, namun pada hari kedua tidak dapat hujan, tetapi juga tidak dapat panas. Hari ini bagus banget, insya Allah mereka senang, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih baik lagi," katanya.


Baca juga: Tito Minta Gubernur Kalbar Selesaikan Masalah Pelemparan Botol


Ganjar menambahkan, masukan dari para peserta mengenai apakah hanya akan di sekitar Semarang dan Solo raya atau kemudian perlu mencari tempat destinasi baru agar variannya lebih banyak juga diperhitungkan.

Pihaknya mulai berpikir startnya dari Banyumas, atau putar dulu sekitar Tawangmangu, kemudian turun Karanganyar sampai Sukoharjo baru kemudian sampai Borobudur juga menarik.

"Banyak ide yang kemarin muncul maka perlu ada masukan dari peserta tentang lokasi, rute, kemudian destinasi yang dipilih sehingga mereka bisa kenal pariwisata. Setelah sepedaan harapannya mereka mengajak keluarganya untuk piknik," ujarnya.

Tour De Borobudur 2019 melintas di 11 daerah di Jawa Tengah, termasuk enam objek wisata andalan provinsi ini. Pada hari pertama, Sabtu (2/11), Tour de Borobudur melintasi rute Kota Semarang-Demak-Grobogan-Kabupaten Semarang-Kota Salatiga-Boyolali dan berakhir di De'Tjolomadoe Karanganyar.

Hari kedua, mereka melalui rute De'Tjolomadoe menuju Klaten dan finis di Borobudur. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More