Minggu 03 November 2019, 19:30 WIB

Pemkot Cimahi Anjurkan Warga Pelihara Ikan Cupang Cegah DBD

Depi Gunawan | Nusantara
Pemkot Cimahi Anjurkan Warga Pelihara Ikan Cupang Cegah DBD

ANTARA
Ikan cupang

 

UNTUK mencegah mewabahnya Demam Berdarah Dangue (DBD) di saat musim hujan, masyarakat disarankan menanam tanaman khas pengusir nyamuk.

"Kita anjurkan masyarakat menanam tanaman yang bisa mengusir nyamuk. Contohnya bunga lavender, daun siri, daun mint," kata Kepala Dinkes Kota Cimahi, Pratiwi, di Cimahi, Jawa Barat, Minggu (3/11).

Pihaknya menduga, memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini kasus DBD biasanya akan mengalami peningkatan. Karena pada musim hujan yang lalu, temuan DBD di Cimahi mengalami peningkatan drastis yaitu sebanyak 349 kasus.

Selain tanaman, Pratiwi juga menyarankan masyarakat memelihara ikan cupang, mujair serta ikan mas di bak penampungan air untuk menghambat pertumbuhan jentik nyamuk.


Baca juga: Gerakan Tanda Tangan Dukung Gibran Maju Pilkada Surakarta


"Ikan cupang sangat efektif dipelihara karena suka memakan jentik nyamuk," ujarnya.

Namun, lanjut dia, yang paling efektif untuk mencegah kasus DBD adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Caranya dengan menutup dan mengubur sarang nyamuk, sebab nyamuk DBD biasanya karena adanya genangan air.

"Yang penting masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing," bebernya.

Selain itu, Dinkes Cimahi juga sudah menyediakan bubuk abate yang bisa diperoleh masyarakat di 13 Pusat Puskesmas secara gratis.

"Masyarakat yang membutuhkan tinggal mengambil di puskesmas, gratis," terangnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More