Minggu 03 November 2019, 19:05 WIB

Jelang SEA Games 2019, Wushu Harap Pemerintah segera Cairkan Dana

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Jelang SEA Games 2019, Wushu Harap Pemerintah segera Cairkan Dana

ANTARA
Cabang wushu

TIM wushu Indonesia tengah melakukan pemusatan latihan di Tiongkok sebelum mengikuti ajang SEA Games 2019 Filipina. Di nomor sanda, para atletnya sedang mengikuti latihan di Zhengzhou, Henan. Sementara di nomor taolu, tengah fokus berlatih di Fuzhou, Fujian.

Sebelumnya, catatan apik telah diraih tim wushu Indonesia saat tampil di ajang Kejuaraan Dunia Wushu 2019 di Tiongkok, Oktober silam. Tim wushu Indonesia sukses mengumpulkan tiga medali emas yang disumbangkan oleh Edgar Xavier Mervelo pada nomor taulo dan sanda, dan changquan putra. Ditambah dengan satu perunggu yang diperoleh oleh Harris Horatius pada nomor Nan Gun.

"Ajang ini adalah uji coba untuk mereka meski kejuaraannya lebih besar dari SEA Games. Kejuaraan Dunia Wushu kali ini menjadi ajang evaluasi agar kita bisa melihat peta kekuatan tim lawan di Filipina," tutur Manajer Tim Wushu Indonesia, Iwan Kwok, kepada Media Indonesia, Minggu (3/11).

Ia pun melihat kemajuan para atletnya meningkat pesat saat tampil di Minhang Stadium, Shanghai, Tiongkok itu.

"Mereka telah memerlihatkan kemajuan yang signifikan. Jadi kita bisa hitung prospek SEA Games nanti," ujar Iwan.

Di sisi lain, Iwan mengeluhkan masalah pencairan tahap kedua anggaran pelatnas sebanyak 30% yang belum rampung. Hingga saat ini, Iwan mengaku anggaran tersebut belum bisa dicairkan.


Baca juga: Enam Tim Kriket Lolos ke PON Papua 2020


Demi tetap bisa menjalankan pelatnas, Iwan menggunakan dana talangan terlebih dahulu dari PB WI.

"Kami harap anggaran pelatnas yang sudah dipangkas setidaknya segera bisa dicairkan. Hal ini seharusnya tak menjadi kendala karena kami sudah melakukan addendum," ujar Iwan.

PB WI sendiri mendapat dana yang lebih kecil dari proposal yang diajukan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dari Rp16 miliar yang diajukan, hanya Rp10,9 miliar yang dikucurkan.

Iwan pun berharap kepada Menpora baru, Zainudin Amali, agar sanggup membawa perubahan supaya tak ada lagi kesalahan yang terus berulang-ulang.

"Berharap bisa cair secepatnya karena sampai sekarang pihak Kemenpora belum ada respons. Padahal, kami sejak Juni sudah ajukan tapi belum ada respons," ucapnya.

Meski begitu, Iwan tetap menargetkan timnya untuk meraih tiga medali emas. Dua di antaranya dari Edgar pada nomor sanda, dan changquan putra, sedangkan satu emas lainnya di nomor dellian beregu putra. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More