Sabtu 02 November 2019, 21:45 WIB

Pengamat Nilai Peran Surya Paloh Setara Budi Gunawan

Yanti Nainggolan | Politik dan Hukum
Pengamat Nilai Peran Surya Paloh Setara Budi Gunawan

MI/ADAM DWI
Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh (kiri) berbincang dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman

 

KONSULTAN media dan politik Hersubeno Arief menilai pertemuan antara Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Rabu, 30 Oktober 2019, membawa sisi positif bagi Nasdem.

Pertama, pertemuan tersebut membawa keuntungan pada presiden Joko Widodo yang mana dapat menarik oposisi PKS untuk lebih ke tengah. "Peran Surya Paloh sama dengan peran Budi Gunawan ketika menerobos mempertemukan Prabowo dan Jokowi," kata dia dalam diskusi Perspektif Indonesia di Jakarta, hari ini.

Selain itu, melalui pertemuan tersebut, Surya juga seakan menunjukkan kans Nasdem sebagai partai besar. Apalagi, Nasdem berada di posisi keempat dengan perolehan 59 kursi. Sementara PKS 50 kursi.

"Bayangkan, Nasdem berada di atas PKB yang memiliki segmentasi NU dan Demokrat yang dua kali menjadi presiden," ujar dia.

Baca juga: NasDem akan Bertemu PAN pada Akhir November

Namun, meski demikian, citra Nasdem pun dipertaruhkan. Bisa jadi masyarakat menganggap Nasdem sebagai partai pemerintah rasa oposisi. Pasalnya, PKS adalah oposisi tunggal saat ini.

"Kalau lihat sikap Surya sebelum kabinet (keluar), dia menyebutkan pentingnya oposisi. Tapi ternyata Nasdem tetap dalam kabinet, tiga (menteri) walaupun tak se-powerful kabinet sebelumnya," papar Hersubeno.

Melihat fenomena ini, Hersubeno beranggapan Nasdem tengah menjadi partai dua kaki, sebagai koalisi dan oposisi. Langkah ini diambil secara perlahan. "Tak drastis saya duga, (mungkin) Nasdem membuat langkah kuda untuk (Pilpres) 2024," imbuh dia. (Medcom.id/OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More