Sabtu 02 November 2019, 20:14 WIB

Menag Sasar Pegawai Kemenag soal Cadar dan Celana Cingkrang

Ade Alawi | Politik dan Hukum
Menag Sasar Pegawai Kemenag soal Cadar dan Celana Cingkrang

MI/RAMDANI
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi

 

WAKIL Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi meminta semua pihak dewasa dalam menyikapi pernyataan Menteri Agama Jenderal (purn) Fachrul Razi terkait dengan penggunaan cadar dan celana cingkrang oleh Aparatur Sipil Negara.

Pasalnya, kata Wamenag, hal tersebut hanya sebatas untuk penertiban dan penegakan disiplin pegawai di lingkungan Kementerian Agama.
"Tidak perlu ditanggapi secara emosional, berlebihan, dan penuh dengan kecurigaan," kata Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangannya, Sabtu (2/11).

Menurutnya, langkah penertiban dan penegakan disiplin tersebut tindakan yang wajar. "Itu bagian dari tugas pembinaan aparatur pemerintah agar mematuhi aturan yang sudah ditetapkan," jelasnya.

Pembinaan itu, kata dia, tanpa harus mengaitkan dengan hak privasi seseorang apalagi memperhadapkan dengan kebebasan dalam melaksanakan ajaran agama.

"Karena dalam penertiban dan penegakan disiplin tersebut dipastikan tidak ada satu pun ajaran agama, hak privasi atau hak asasi seseorang dalam menjalankan ajaran agama yang dilanggar. Semuanya masih dalam koridor ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang ada," tuturnya.

Ketentuan seragam tentang tata cara berpakaian untuk ASN, Polisi, TNI, lanjutnya, sudah ada dan tetap mengindahkan nilai-nilai etika, estetika dan tidak bertentangan dengan ajaran agama. "Ketentuan tersebut harus ditaati dan diindahkan oleh semuanya," ungkapnya.

Namun, Zainut mengakui pihaknya belum menemukan laporan pegawai Kemenag mengenakan cadar dan celana cingkrang. "Hanya untuk mengingatan," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/M Irfan

Politisi NasDem Desak Gugus Tugas Usul PSBB di Jabodetabek

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Kamis 02 April 2020, 13:00 WIB
"Ini katanya pemerintah mau cepat mengatasi korona, tapi sudah dua hari belum juga ada tanda-tanda pelaksanaannya," ujar...
Antara

Presiden Jokowi Berang Kepala Daerah Tutup Akses Jalan

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 02 April 2020, 12:32 WIB
"Saya harap Menteri Dalam Negeri memberi teguran kepada daerah-daerah yang memblokade jalan," tegas...
BIRO PERS SETPRES/MUCHLIS J

Presiden Pantau Persiapan Ramadan di tengah Pandemi Covid-19

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 02 April 2020, 12:22 WIB
Ramadan tinggal tiga pekan lagi. Di tengah pandemi covid-19, persiapan menyambut bulan suci tentu harus dilakukan secara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya