Sabtu 02 November 2019, 14:00 WIB

Gua Tempat Pelajar Thailand Terjebak Dibuka Kembali

Basuki Eka Purnama | Internasional
Gua Tempat Pelajar Thailand Terjebak Dibuka Kembali

AFP/Handout/Chiang Rai Provincial Public Relations Office
Sejumlah wisatawan mengantre untuk mengunjungi Gua Tham Luang

 

THAILAND telah membuka kembali gua tempat 12 pesepak bola muda dan pelatih mereka terjebak pada tahun lalu. Proses penyelamatan mereka menarik perhatian dunia.

Gua Tham Luang itu ditutup untuk umum sejak tim sepak bola bernama Wild Boars itu diselamatkan setelah terjebak banjir selama tiga pekan.

Kini, gua yang berada di Provinsi Chiang Rai itu dibuka kembali pada Jumat (1/11) dan langsung menarik 2 ribu wisatawan dalam tempo satu hari.

"Kami telah mengizinkan wisatawan melihat mulut gua itu," ujar Direktur kantor konservasi setempat Kamolchal Kotcha.

Saat ini, wisatawan tidak diizinkan masuk melebihi mulut gua. Mereka hanya diizinkan melongok ke dalam gua tersebut.

Baca juga: Jokowi Bertolak ke Thailand untuk KTT Ke-35 ASEAN

Namun, otoritas setempat mempertimbangkan untuk mengizinkan wisatawan masuk lebih dalam setelah melakukan survei keamanan gua tersebut.

Menurut Kotcha, sejumlah alat penyelamat yang ditinggalkan, termasuk kabel telepon, selang, dan tambang, rencananya akan diletakkan di dalam gua sehingga menjadi atraksi bagi wisatawan.

Tim Wild Boars masuk ke dalam Gua Tham Luang pada Juni 2018 setelah melakukan hiking usai latihan sepak bola. Mereka kemudian terjebak di dalam gua setelah hujan lebar menyebabkan gua itu kebanjiran.

Ratusan orang datang ke lokasi terpencil itu untuk menyelamatkan para remaja yang ditemukan setelah menghilang selama sembilan hari.

Remaja-remaja itu dibius dan dipasangi alat pernafasan sebelum ditarik ke luar dari goa yang banjir itu.

Sejumlah buku mengenai penyelamatan para remaja itu telah disepakati sementara film pertama tentang operasi penyelamatan itu telah tayang perdana di Festival Film Busan di Korea Selatan. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More