Sabtu 02 November 2019, 00:24 WIB

Potensi Masalah di Mesin, Daihatsu Recall Gran Max dan Luxio

Nurtjahyadi | Otomotif
Potensi Masalah di Mesin, Daihatsu Recall Gran Max dan Luxio

MI/Nurtjahyadi
Daihatsu saat mengumumkan Recaal sejumlah Daihatsu Grand Max dan Luxio

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan penarikan kembali kendaraan Daihatsu model Gran Max 1.5 liter dan Luxio yang diproduksi antara Maret 2018-April 2019.

Hal itu dilakukan setelah diketahui adanya potensi masalah pada komponen utama mesin berkode 3SZ 1.5 liter. Total jumlah kendaraan yang terdampak pada program recall ini sebanyak 36.915 unit.

Technical Services Division Head ADM Anjar Rosjadi mengungkapkan, terdapat masalah pada connecting rod (setang piston) mesin pada tipe 3SZ yang berakibat putus atau patahnya komponen yang menghubungkan antara piston dengan kruk as tersebut yang mengakibatkan mesin tiba-tiba mati.

Menurut Anjar pihaknya mendapatkan enam kasus mesin yang tiba-tiba mati pada Daihatsu Gran Max 1.5 liter yang disebabkan oleh masalah yang sama.

"Setelah diteliti ternyata diakibatkan oleh proses pembuatan connecting rod yang tidak sesuai yang menyebabkan material rentan patah," ujar Anjar di Sunter, Jumat (1/11).

Baca juga : Booth Daihatsu Bawa Suasana Hangat di Tokyo Motor Show 2019

Marketing and CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menambahkan, yang terdampak masalah ini hanya pada Gran Max 1.5 liter dan Luxio.

"Karena ada dua tipe mesin yang digunakan oleh Gran Max yaitu 1.5 liter dan 1.3 liter. Untuk yang 1.3 liter tidak ada masalah karena menggunakan komponen yang berbeda," ungkap Hendrayadi.

Head Product Improvement ADM Bambang Supriyadi menjelaskan, pada Maret 2018 pihak vendor yang memasok komponen ini mengganti mesin tempa lama yang digunakan untuk membuat connecting rod dengan mesin baru yang lebih kuat.

"Rupanya terjadi kelebihan tekanan saat proses pembuatan komponen tersebut yang justru menyebabkan timbulnya potensi keretakan halus pada material connecting rod," papar Bambang.

Bambang menjelaskanm saat ini memang baru enam kasus, namun untuk mencegah hal ini terjadi pada pengguna Gran Max 1.5 dan Luxio lainnya pihak ADM memutuskan untuk segera melakukan recall sebagai bentuk tanggung jawab produsen terhadap konsumennya.

Baca juga : Begini Cara Daihatsu Manjakan Konsumennya di Jepang

ADM mengimbau kepada konsumen yang mobilnya terdampak untuk segera menghubungi diler resmi Daihatsu terdekat untuk mendapatkan jadwal penggantian komponen terkait.

Daihatsu juga akan menghubungi pelanggan yang terdampak melalui surat pemberitahuan, telepon, dan layanan pesan singkat untuk melakukan perbaikan ke bengkel resmi.

Setiap pemilik Gran Max dan Luxio juga dapat melakukan pengecekan sendiri untuk mengetahui apakah mobilnya terlibat dalam program recall atau tidak dengan menghubungi Hotline di nomor 1-500-898 kapanpun selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Penggantian komponen yang akan memakan waktu sekitar 14 jam ini konsumen tidak dikenakan biaya apapun. Bahkan pelanggan yang mengikuti program recall ini akan mendapatkan voucher paket ganti oli mesin gratis untuk servis berikutnya.

"Sebagai bentuk apresiasi dari kami, setiap konsumen yang melakukan perbaikan terkait recall ini akan diberikan penggantian oli dan filter oli secara gratis untuk servis berikutnya," ujar Marketing Director ADM Amelia Tjandra. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More