Jumat 01 November 2019, 18:46 WIB

Melirik kantin Sehat Kemenkes, Tempat Menkes Terawan Sarapan

Atalya Puspa | Humaniora
Melirik kantin Sehat Kemenkes, Tempat Menkes Terawan Sarapan

MI/Andry Widyanto
Suasana Kantin Sehat Kementerian Kesehatan

 

SEPEKAN usai dilantik sebagai Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menjadi sorotan publik. Hal itu karena beredarnya unggahan video Terawan yang sedang menyantap makanan bersama karyawan Kemenkes di Kantin Sehat Kemenkes.

Terawan merupakan Menkes pertama yang makan bersama karyawan di kantin Sehat yang diresmikan oleh Menkes periode sebelumnya, Nila Moeloek pada 2017 itu.

"Menikmati makanan luar biasa enak. Tempe, tahu, buah, dan asupan proteinnya ada ayam penyet. Tidak lupa kerupuk, karena itu ciri khas Indonesia," kata Terawan yang diiringi dengan gelak tawa karyawan Kemenkes yang berada di sekitarnya.

Pada kesempatan tersebut, Terawan juga menyatakan mentraktir semua karyawannya yang ada di Kantin Sehat untuk sarapan.

"Saya makan bersama karyawan, dan mereka semua saya traktir," cetus terawan.

Baca juga : IDI Dukung Menkes Kembalikan Puskesmas untuk Pencegahan Penyakit

Bukan hanya sarapan, dalam unggahan Kemenkes di media sosial Twitter, Terawan terlihat lahap menikmati tongseng sebagai menu makan siangnya di Kantin Sehat bersama sang istri, Ester.

Kantin yang tepat berada di basement 1 Gedung Sarana Penunjang Kementerian Kesehatan tersebut memiliki luas 757,56 meter kubik. 25 jajaran gerai yang menyediakan berbagai menu makanan tertata rapi dan bersih dalam ruangan.

Sebelumnya, Kantin Sehat menempati ruang pada sisi selatan gedung Kemenkes. Keberadaan kantin tersebut tidak sesuai dengan standar kebersihan karena terletak di atas instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan berdampingan dengan tempat pembuangan sampah sementara.

Namun begitu, saat ini Kantin Sehat telah menempati tempat yang lebih nyaman dengan memerhatikan aspek kebersihan yang terjamin.

Kantin tersebut dikelola oleh Dharma Wanita Persatuan Kemenkes. Adapun, Kantin Sehat memberlakukan sistem self service, yakni pembeli memilih menu, kemudian melakukan pembayaran di kasir, setelah itu pembeli mengambil pesanan di gerai makanan, dan menyantapnya.

Menariknya, pengunjung harus membawa peralatan makan kotor ke rak piring kotor yang telah disediakan. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More