Jumat 01 November 2019, 13:56 WIB

Muntok Babar Diselimuti Asap Kiriman Dari Sumsel

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Muntok Babar Diselimuti Asap Kiriman Dari Sumsel

Antara
Kabut asap menyelimuti Kota Muntok, Bangka Barat menyebabkan warga harus memakai masker bila beraktivitas di luar rumah.

 

ASAP kiriman yang diduga kebakaran hutan dan lahan (karhutla)   yang terjadi di daratan Sumatera Selatan (Sumsel), mengakibatkan Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat (Babar) diselimuti asap, Jumat (1/11). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa mengatakan, kendati tidak setiap hari namun sudah hampir 2 minggu ini seluruh Kota Muntok diselimuti kabut asap.

"Muntok ini kan kabupaten paling ujung dan dekat dengan Sumatra Selatan sehingga rentan mendapatkan kiriman asap jika terjadi karhutla di wilayah Sumatera," kata Mikron, Jumat (1/11).

Kabut asap yang menyelimuti Muntok dalam dua minggu ini, kuat dugaan dari Sumatra Selatan. Kendati demikian, kabut asap tersebut belum mengganggu aktivitas warga karena jarak pandang masih stabil. Namun bau menyengat paling banyak dikeluhkan masyarakat.

"Kalau jarak pandang belum terganggu. Tapi masyarakat mengeluh bau asap yang menyengat, sehingga mengganggu pernapasan," ungkap dia.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat bila keluar rumah harus memakai masker.

baca juga: Tim Gabungan Siap Antisipasi Banjir di Tasikmalaya

"Jangan sampai mengganggu kesehatan. Kita sarankan masyarakat gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," saran Mikron seraya menambahkan bahwa timnya sudah diturunkan untuk membagikan masker kepada masyarakat. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More