Kamis 31 Oktober 2019, 22:38 WIB

Bawaslu Ajak Masyarakat Berperan Kawal Pilkadai 2020

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Bawaslu Ajak Masyarakat Berperan Kawal Pilkadai 2020

MI/Ramdani
Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin

 

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengajak masyarakat untuk menguatkan program pengawasan pesta demokrasi Pilkada 2020 yang akan diselenggarakan serentak di 270 wilayah.

Anggota Bawaslu Mochamad Afifuddin mengatakan, peran masyarakat sangat membantu dalam keberhasilan pesta demokrasi tersebut. Tugas Bawaslu pun ikut terbatu lewat peran serta masyarakat.

"Bawaslu butuh masyarakat untuk menjaga demokrasi," katanya melalui keterangan resmi, Kamis (31/10).

Di sisi lain, Bawaslu akan meningkatkan sosialisasi untuk menggugah lebih banyak lagi masyarakat menjadi pengawal jalannya pesta demokrasi. Pendekatan itu untuk memberikan pemahaman soal aturan, teknis, larangan, dan bagaimana cara mengawasi pemilu.

Baca juga : Revisi Tiga Undang Undang Pilkada Serentak 2020 Lebih Murah

"Masyarakat juga bisa datang ke kantor (Bawaslu) untuk belajar dan mencari data di pojok pengawasan," terangnya.

Afif menegaskan, Bawaslu berusaha memasuki ruang-ruang publik lewat pertemuan tatap muka guna memungkinkan persamaan cara pandang antara pengawas dan pemilih. Sehingga, masyarakat mendapatkan konfirmasi atau jawaban atas pertanyaan pemilih.

"Sosialisasi tatap muka akan terus kita laksanakan di beberapa titik (lokasi). Agar masyarakat bisa meminta klarifikasi dari pengawas," pungkasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More