Kamis 31 Oktober 2019, 21:18 WIB

Presiden Minta Mendikbud Maksimalkan Teknologi Pendidikan

Akmal Fauzi | Humaniora
Presiden Minta Mendikbud Maksimalkan Teknologi Pendidikan

Mi/Ramdani
mendikbud Nadiem Makarim

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim untuk memanfaatkan teknologi sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pendidikan yang lebih merata di Tanah Air. Ia meyakini Nadiem memiliki kapabilitas dalam hal tersebut.

Hal itu disampaikan dalam rapat terbatas dengan topik pembangunan manusia dan kebudayaan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (31/10). Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki 17 ribu pulau terbentang dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote memiliki tantangan tersendiri dalam hal pendidikan.

"Lihatlah misalnya yang ada di Halmahera, Rote, dan Wamena. Itu baru kita bisa membayangkan sistem apa, aplikasi apa, yang harus kita bangun agar ada standardisasi, ada sebuah standar kualitas. Tidak usah sama, mirip-mirip, tapi memudahkan guru dan pelajar-pelajar kita dalam belajar," ujarnya.

Baca juga : Indonesia Bangun Kerja Sama Pendidikan dengan Prancis

Tak hanya itu, secara garis besar, dunia pendidikan Indonesia juga memiliki tantangan untuk dapat merespons pasar tenaga kerja yang berubah akibat perkembangan teknologi.

Menurutnya, banyak terjadi pergeseran pekerjaan yang apabila tantangan ini mampu dihadapi akan justru membuka peluang-peluang lapangan pekerjaan baru.

"Review penyesuaian kurikulum besar-besaran harus kita lakukan karena dunia sudah berubah sangat cepat. Ilmu pengetahuan dan keterampilan sekarang ini mudah sekali usang," kata Jokowi. (OL-7)

Baca Juga

Antara/ADITYA PRADANA PUTRA

Gencarnya Pemeriksaan Spesimen Naikkan Jumlah Kasus

👤Ata/Hym/X-3 🕔Minggu 07 Juni 2020, 05:47 WIB
Penambahan kasus terbanyak berasal dari Jawa Timur (286), DKI Jakarta (104), Papua (87), Sulawesi Utara (79), dan Sumatra Utara...
Antara/ Zabur Karuru

Tagihan Melonjak, PLN Tegaskan tidak Ada Kenaikan Tarif

👤Wan/RK/Ant/E-3 🕔Minggu 07 Juni 2020, 05:42 WIB
Kebanyakan pelanggan akan mengalami tagihan Juni melonjak lebih dari 20% daripada Mei 2020 akibat penagihan menggunakan rata-rata tiga...
fas.org/Antara/Tim MI-NRC

Helikopter Milik TNI-AD Jatuh, 4 Perwira Gugur

👤Cah/AS/Ykb/J-3 🕔Minggu 07 Juni 2020, 05:18 WIB
Korban meninggal ialah Kapten Cpn Kadek, Kapten Cpn Fredi, Kapten Cpn Y Hendro, dan Lettu Cpn Wisnu. Sementara itu, prajurit yang menderita...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya