Kamis 31 Oktober 2019, 20:53 WIB

Empat Aplikasi Fintech Menangkan Tender QR Code MRT

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Empat Aplikasi Fintech Menangkan Tender QR Code MRT

MI/RAMDANI
Layanan pembelian tiket MRT di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia

 

PEMBELIAN tiket Moda Raya Terpadu (MRT) melalui QR Code akan segera terlaksana pada November mendatang. Sebanyak empat aplikasi pembayaran digital sudah dinyatakan memenangkan tender pengadaan perangkat lunak QR Code tersebut yakni Dana, Link Aja, OVO, dan Gopay.

Dari keempat pembayaran digital itu, baru Dana, Link Aja, dan OVO yang telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dengan PT MRT Jakarta. Sementara untul Gopay masih dalam proses penyelesaian PKS.

"Sudah ada tiga provider pembayaran digital. Sehingga nantinya masyarakat bisa melakukan pembelian tiket MRT melalui aplikasi MRT Jakarta dan melakukan pembayaran melalui provider tersebut. Kemudian setelah melakukan pembayaran akan mendapat QR Code yang bisa dipindai di gate tiket MRT," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta di Jakarta Selatan, Kamis (31/10).

Saat ini MRT Jakarta telah melakukan uji coba QR Code di gate tiket MRT tepatnya di Stasiun Lebak Bulus dan Stasiun Cipete Raya. Sosialisasi penggunaan QR Code ini akan dilakukan selama satu bulan penuh setelah layanan resmi diluncurkan.

"Tentu ini akan ada antrean karena ini kan baru. Pasti nanti kita tempatkan petugas agar lebih intensif memandu. Awal-awal pasti ada antrean tapi pastinya masyarakat akan semakin terbiasa," ungkapnya.

Baca juga: Oktober, Bayar Tiket MRT Bisa Pakai Kode QR

Fitur QR Code dipilih karena memiliki validasi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan tiket fisik. Selain itu, pembelian tiket melalui fitur QR Code di aplikasi MRT lebih cepat dibandingkan membeli lewat loket atau mesin penjual tiket.

"Ini akan membuat membeli tiket semakin ringkas," kata William.

Untuk mengakomodir fitur baru ini, PT MRT Jakarta mengembangkan aplikasi baru. Kelebihan aplikasi baru ini selain adanya fitur pembelian tiket melalui QR Code juga adanya jadwal keberangkatan kereta ratangga di tiap stasiun.

"Kalau sekarang orang mau tahu keberangkatan kereta harus ke peron, nanti jadwal ada di aplikasi. Sehingga penumpang bisa merancang keberangkatannya," tukasnya.

Selain fitur-fitur tersebut, pada aplikasi MRT Jakarta yang baru juga akan menghadirkan pilihan rute moda transportasi lainnya seperti Transjakarta di sekitar koridor MRT. Direncanakan aplikasi baru MRT Jakarta ini akan diluncurkan November mendatang sekaligus resminya layanan QR Code.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More