Kamis 31 Oktober 2019, 16:43 WIB

Timnas Basket 3x3 Putri Indonesia Optimistis Raih Medali Emas

Despian Nurhidayat | Olahraga
Timnas Basket 3x3 Putri Indonesia Optimistis Raih Medali Emas

ANTARA/M Risyal Hidayat
Pemain tim nasional bola basket 3x3, Reza Guntara melakukan lemparan bola ketika melakukan uji coba.

TIM nasional (Timnas) basket 3x3 putri Indonesia kini tengah melakukan persiapan penuh jelang menghadapi SEA Games 2019. Selain melakukan pelatnas sejak jauh-jauh hari, tim yang dikatakan peringkat satu di Asia Tenggara itu masih akan melakukan try out di luar negeri.

Manajer timnas basket 3x3 putri Indonesia, Norman Sebastian, mengungkapkan bahwa sejak awal bulan Mei, timnya sidah melakukan persiapan. Bertanding di berbagai negara merupakan salah satu persiapan yang timnas lakukan.

"Kami sudah memulai tim ini dari bulan Mei, jadi waktu itu ada pertandingan FIBA World 3x3. Saat itu kami sudah membawa beberapa dari mereka, kemudian kami lanjut ke FIBA U-23 di Tiongkok," ungkapnya saat ditemui di Buls Arena, Panglima Polim, Jakarta Selatan, Kamis (31/10).

"Dua pekan lalu kami juga baru selesai di Qatar dan kemudian minggu depan kami akan bawa mereka ke Jepang untuk bermain dengan pemain profesional 3x3 dari Jepang. Setelah itu, baru kami akan menyeleksi empat yang akan dibawa untuk ke SEA Games," lanjut Norman.

Lebih lanjut, Norman menambahkan bahwa permainan 3x3 memiliki perbedaan dengan permainan basket pada umumnya yakni 5x5. Selain itu, kedatangan pemain naturalisasi asal Amerika Serikat (AS), Peyton Whitted, telah menjadi pelengkap terbentuknya tim ini.

"Untuk 3x3 ini sebenarnya beda dengan 5x5, jadi ini tidak ada posisi center, wing guard, dan lainnya. Semua pemain harus bisa nembak dan dribel," jelas Norman.

"Pemain naturalisasi yang kami bawa ini walaupun tingginya 193, ia punya dribel bagus, shooting-nya bagus dan pemain lain juga membuat tim ini lebih komplit lagi. 3 x 3 itu sebenarnya lebih banyak main chemistry," tambahnya.

Terkait pemain naturalisasi, Norman mengatakan bahwa bukan hanya tim Indonesia yang memiliki pemain tersebut.

"Hampir semuanya, Thailand, Malaysia, dan Filipina. Seperti kita tahu di Filipina ada pemain naturalisasi, Thailand juga saya dapat info ada pemain naturalisasi, kalau Malaysia yang diturunkan senior semua. Kami sudah lihat materi pemainnya dan mereka sangat kompak karena sudah bertahun-tahun," pungkas Norman. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More