Kamis 31 Oktober 2019, 14:08 WIB

65 Orang Tewas dalam Insiden Kebakaran Kereta di Pakistan

Melalusa Susthira K | Internasional
65 Orang Tewas dalam Insiden Kebakaran Kereta di Pakistan

AFP
Gerbong kereta api terbakar akibat ledakan tabung gas canister yang meledak saat digunakan para penumpang untuk memasak.

 

SEDIKITNYA 65 orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya terluka dalam insiden kebakaran kereta di Pakistan, Kamis (31/10). Tayangan televisi menunjukkan api berkobar dari salah satu gerbong, dan terdengar tangisan orang-orang dalam insiden yang terjadi di dekat distrik Rahim Yar Khan, Provinsi Punjab tersebut.

"Menurut informasi yang sampai kepada kami dari lokasi kecelakaan, lebih dari 65 orang tewas dan lebih dari 40 orang terluka," terang Menteri Kesehatan Provinsi Punjab, Yasmin Rashid kepada AFP.

Yasmin menuturkan korban terluka saat ini tengah dilarikan ke rumah sakit di kota Bahawalpur dan beberapa rumah sakit lainnya di distrik Rahim Yar Khan. Ia menambahkan bahwa hanya 18 mayat yang berhasil diidentifikasi.

Media lokal menyebut bahwa kebakaran tersebut disebabkan oleh ledakan tabung gas canister yang meledak saat digunakan oleh beberapa penumpang untuk memasak sarapan. Hal serupa juga dilontarkan oleh pejabat pemerintahan Pakistan.

"Mengerikan, tragedi kereta api akibat tabung gas yang dibawa penumpang meledak," kata Menteri Hak Asasi Manusia Pakistan Shireen Mazari.

Mazari mengatakan bahwa kereta yang terbakar itu adalah Kereta Ekspres Tezgam, yang merupakan salah satu layanan kereta tertua dan terpopuler di Pakistan. Rute Kereta Tezgam membentang antara Kota Rawalpindi dan Kota Karachi.

Kecelakaan kereta api kerap terjadi di Pakistan. Perkeretaapian di Pakistan telah mengalami penurunan selama puluhan tahun akibat adanya korupsi, salah urus, serta kurangnya investasi.

Adapun pada Juli lalu, setidaknya 23 orang tewas di distrik yang sama ketika sebuah kereta berpenumpang dari kota Lahore timur menabrak kereta barang yang berhenti di persimpangan. Kecelakaan juga sering terjadi pada jalur penyebrangan tanpa awak, yang sering kali tidak memiliki penghalang dan sinyal.

baca juga: Merkel ke India untuk Hadapi Dominasi Tiongkok

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan yang terpilih tahun lalu telah berjanji untuk membangun negara kesejahteraan Islam. Namun, perlambatan ekonomi yang berkelanjutan dan langkah-langkah penghematan telah menghambat upaya untuk berinvestasi dalam infrastruktur dan program sosial. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More