Kamis 31 Oktober 2019, 11:55 WIB

Instagram Larang Unggahan Kartun dan Meme yang Memicu Bunuh Diri

Fetry Wuryasti | Weekend
Instagram Larang Unggahan Kartun dan Meme yang Memicu Bunuh Diri

AFP
Instagram mengumumkan perluasan larangan soal gambar-gambar yang mempromosikan bunuh diri pada Rabu (30/10).

INSTAGRAM telah mengumumkan bahwa mereka melarang gambar, meme, dan kartun yang mempromosikan, mengagungkan, atau mendorong perbuatan melukai diri sendiri dan bunuh diri.

Larangan itu diumumkan Rabu (301/10) dan merupakan perluasan dari larangan membagikan gambar-gambar melukai diri dan bunuh diri di platform tersebut. Larangan pertama ini telah diumumkan Februari 2019.

Larangan itu datang setelah ayah dari seorang gadis berusia 14 tahun yang bunuh diri setelah melihat postingan promosi mengenai melukai diri sendiri merugikan diri sendiri. Dia meminta perusahaan untuk mengambil lebih banyak langkah untuk menjaga anak-anak aman saat berselancar di Instagram.

Pada tahun 2017, Molly Russell, 14, bunuh diri setelah melihat postingan yang mempromosikan tindakan mencelakakan diri dan bunuh diri pada platform Instagram, menurut laporan BBC.

Sejak itu ayahnya, Ian Russell, telah secara aktif mendorong raksasa media sosial tersebut untuk mengubah kebijakan mereka tentang konten yang mempromosikan melukai diri sendiri.

Larangan baru soal kartun dan meme dibuat bertepatan dengan kunjungan Ian Russell ke Sillicon Valley untuk mempromosikan kesadaran tentang jenis konten yang remaja hadapi di platform media sosial. Ketika mengumumkan perubahan terbaru dalam posting blog, Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan pihaknya tidak akan lagi mengizinkan penggambaran fiktif tentang melukai diri sendiri atau bunuh diri di Instagram, seperti menggambar atau meme atau konten dari film atau komik yang menggunakan citra grafis.

"Kami juga akan menghapus citra lain yang mungkin tidak menunjukkan melukai diri sendiri atau bunuh diri, tetapi menyertakan bahan atau metode yang terkait," ujar dia disadur dari Fastcompany.com.

Akun yang membagikan konten sejenis ini juga tidak akan direkomendasikan dalam pencarian atau di permukaan penemuan jelajah. Instagram juga akan mengirim lebih banyak orang sumber daya lebih banyak dengan saluran bantuan lokal untuk pencegahan bunuh diri seperti Samaritans.org dan Papyrus di Inggris atau Jalur Pencegahan Bunuh Diri Nasional dan Proyek Trevor di Amerika Serikat.

"Menanggapi pengumuman Mosseri, Russell mengatakan kepada BBC, "Saya hanya berharap dia menyalurkannya," tukas Russel. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More