Kamis 31 Oktober 2019, 11:03 WIB

Kabupaten Cianjur Dapat Kuota CPNS Sebanyak 159 Formasi

Benny Bastiandy | Nusantara
Kabupaten Cianjur Dapat Kuota CPNS Sebanyak 159 Formasi

Antara
Pemkab Cianjur mendapat kuota CPNS sebanyak 159 formasi atau turun dari yang diajukan sebanyak 250 formasi.

 

KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, mendapat kuota formasi penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini sebanyak 159 orang. Jumlah tersebut berkurang dari usulan awal yang diajukan sesuai analisis jabatan sebanyak lebih kurang 250 orang.

"Kalau untuk ajuan, kita usulkan sekitar 250 formasi berdasarkan anjab (analisis jabatan) di setiap perangkat daerah. Tapi kan yang menyetujuinya pemerintah pusat. Kuota yang disetujui pusat sebanyak 159 formasi," terang Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Cianjur, Tohari Sastra, Kamis (31/10).

Dari kuota tersebut, sebut Tohari, di antara kebutuhannya terdiri dari tenaga medis, administrasi, dan lainnya. Sedangkan untuk tenaga kependidikan, kemungkinan belum terakomidir pada penerimaan CPNS tahun ini.

"Campur-campur formasinya. Kalau guru tidak ada," jelas Tohari.

Jumlah pegawai di lingkungan Pemkab Cianjur hingga saat ini mencapai 13 ribuan. Hasil penghitungan, jumlah kekurangan pegawai di kisaran 4 ribu-5 ribu orang. Setiap tahun, jumlah PNS di lingkungan Pemkab Cianjur yang memasuki masa pensiun rata-rata mencapai 600 orang.

"Kalau berbicara kekurangan pegawai, relatif cukup banyak yang dibutuhkan. Tapi itu juga kan harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran," ungkap dia.

Komposisi penerimaan pegawai sesuai aturan terdiri dari 70% untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan 30% untuk CPNS. Pengajuan diseusai kebutuhan pegawai agar berjalan efektif dan efisien.

"Kalau anggarannya mampu, mungkin kuota jumlahnya bisa bertambah. Kalau tidak siap, kuotanya bisa turun," tandasnya.

Berdasarkan informasi, pendaftaran CPNS akan dimulai pada 11 November 2019. Namun Tohari belum bisa memastikan karena menunggu informasi lanjutan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kita sifatnya menunggu informasi lanjutan dari pemerintah pusat. Tapi kalau untuk teknis persyaratan pendaftaran tidak terlalu jauh beda dengan yang sudah-sudah," tandasnya.

Ajeng Edness Widyadresita, 23, warga Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan/Kabupaten Cianjur, berharap pendaftaran CPNS bisa segera diumumkan. Ia berniat mengajukan lamaran menjadi CPNS.

baca juga: Menikmati Burung Pelikan Australia di Nagekeo

"Jadi PNS sekarang kan cukup menjanjikan. Mudah-mudahan ada formasi yang sesuai dengan kompetensi saya. Harapannya sih tentu ingin lulus," ujar lulusan D3 administrasi keuangan itu. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More