Kamis 31 Oktober 2019, 09:26 WIB

Tjahjo Ancam ASN Curang dalam Seleksi CPNS

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
Tjahjo Ancam ASN Curang dalam Seleksi CPNS

MI/ANDRI WIDIYANTO
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

 

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menegaskan bakal menindak tegas aparatur sipil negara (ASN) yang curang dalam proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Ia tidak segan memecat ASN tersebut.

"Kalau sampai ada yang korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) akan kami beri sanksi, akan kami berhentikan," tegas Tjahjo di Kantor KemenPAN-RB, Jalan Jenderal Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Tjahjo mengatakan, sistem seleksi CPNS telah diatur sedemikian rupa untuk mencegah pihak yang menjanjikan iming-iming kelulusan dengan memberi uang. Pasalnya, modus tersebut sangat merugikan peserta CPNS.

"Kami jaminlah, KemenPAN-RB akan clean and clear," ujar Tjahjo.

Baca juga: Tjahjo Pastikan Mundur bila Gagal Pangkas Eselon

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengimbau para calon peserta seleksi untuk bijak memilah informasi berkaitan dengan CPNS. Ia menegaskan sistem CPNS telah dibangun agar transparan dan akuntabel.

"Karena banyak sekali sumber-sumber tidak resmi yang mengatasnamakan BKN atau KemenPAN-RB untuk mencoba membantu memasukan dari 'jalur khusus' istilahnya. Tidak ada lagi seperti itu," ujar Bima.

Sebanyak 152 ribu lowongan baik di tingkat instansi pusat maupun daerah siap diperebutkan oleh calon peserta CPNS 2019. Pendaftaran akan dimulai 11-24 November 2019. Panitia merencanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan paling lambat Februari 2020.

Sementara, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) direncanakan mulai awal Maret 2020. Sedangkan pengumuman kelulusan paling cepat April 2020. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More