Kamis 31 Oktober 2019, 07:41 WIB

Pentagon Rilis Video dan Foto Penyerbuan Al-Baghdadi

Basuki Eka Purnama | Internasional
Pentagon Rilis Video dan Foto Penyerbuan Al-Baghdadi

AFP/HO/US Department of Defense
Gambar kompleks tempat pemimpin IS Abu Bakr Al-Baghdadi bersembunyi sebelum dan sesudah penyerbuan oleh militer AS.

 

PENTAGON, Rabu (30/10), merilis video dan foto aksi pasukan khusus Amerika Serikat (AS) saat melakukan penyerbuan yang menewaskan pemimpin kelompok ekstremis Islamic State (IS) Abu Bakr Al-Baghdadi.

Di antara gambar yang dirilis Departemen Pertahanan AS itu ada satu rekaman hitam-putih yang memperlihatkan personel militer 'Negeri Paman Sam' itu berjalan mendekati kompleks di barat laut Suriah tempat Al-Baghdadi bersembunyi.

Pentagon juga merilis video serangan udara terhadap sekelompok pejuang tidak dikenal yang melepaskan tembakan ke arah helikopter yang membawa pasukan khusus AS yang akan melancarkan serangan terhadap kediaman Al-Baghdadi di Provinsi Idlib.

Gambar sebelum dan setelah kompleks terisolasi itu juga dirilis.

Baca juga: Tentara AS Tewaskan Calon Penerus Utama Pimpinan ISIS

Kompleks itu dihujani bom oleh AS selepas razia terhadap Al-Bgahdadi sehingga, "Bangunan itu mirip lapangan parkir yang penuh lubang," ujar Komandan Komando Pusat AS Jenderal Marinir Kenneth McKenzie.

McKenzie juga memberikan sejumlah detail baru mengenai penyerbuan yang dilakukan pada Minggu (27/10) itu.

Dia mengatakan dua anak tewas--bukan tiga seperti yang sebelumnya dikatakan Presiden AS Donald Trump--ketika Al-Baghdadi meledakkan diri menggunakan rompi bom bunuh diri di dalam sebuah terowongan saat berusaha melarikan diri dari pasukan AS.

Menurut McKenzie, kedua anak itu tampaknya berusia sekitar 12 tahun.

Ketika ditanya apakah Al-Baghdadi benar menangis saat berusaha melarikan diri, seperti yang dikatakan Trump, McKenzie menjawab. "Mengenai saat terakhir Al-Baghdadi saya hanya bisa mengatakan ini. Dia melarikan diri ke dalam lubang bersama dua anak kecil sebelum meledakkan diri sementara anak buahnya terus melakukan perlawanan."

McKenzie kemudian mengatakan selain Al-Baghdadi dan dua anak, empat perempuan serta seorang pria juga tewas dalam penyerbuan pasukan AS itu. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More