Kamis 31 Oktober 2019, 07:15 WIB

Demonstrasi Berlanjut, Cile Batal Gelar KTT Iklim dan APEC

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Demonstrasi Berlanjut, Cile Batal Gelar KTT Iklim dan APEC

AFP/Pedro Ugarte
Demonstran bentrok dengan polisi di Santiago, Cile.

 

CILE membatalkan diri menjadi tuan rumah dua KTT internasional utama, termasuk konferensi perubahan iklim PBB, ketika protes antipemerintah berlanjut.

Presiden Sebastin Pinera mengatakan keputusan itu menyebabkannya sangat menderita. Tetapi, pemerintahnya perlu memprioritaskan pembangunan kembali ketertiban umum.

KTT iklim COP25 dijadwalkan pada Desember sedangkan pertemuan puncak perdagangan APEC dijadwalkan bulan depan.

Seperti dilansir BBC, Rabu (30/10), PBB mengatakan sekarang mengeksplorasi opsi tuan rumah alternatif.

Keputusan Cile datang di tengah protes iklim global, termasuk satu minggu unjuk rasa yang dipimpin aktivis lingkungan Greta Thunberg, bulan lalu.

Baca juga: Bentrokan Kembali Pecah di Cile, Setelah Perombakan Kabinet

Setidaknya 20 orang telah terbunuh sejak protes massal di Cile dimulai.

Sementara banyak protes damai, ada juga insiden pembakaran dan penjarahan yang mematikan, serta bentrokan keras antara pasukan keamanan dan pengunjuk rasa.

Aksi protes belum banyak menunjukkan perubahan akan mereda meski Pinera mengumumkan langkah-langkah untuk meredakan ketidakpuasan warga Cili dengan tingginya tingkat ketidaksetaraan dan keluhan lainnya.

Lebih dari 7.000 orang telah ditangkap dan tanggapan pemerintah Pinera terhadap protes mendapat kecaman keras. (BBC/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More