Kamis 31 Oktober 2019, 05:40 WIB

Mobil Masa Depan Daihatsu Usung Kehangatan

Ida Farida | Otomotif
Mobil Masa Depan Daihatsu Usung Kehangatan

MI/IDA FARIDA
Mobil Masa Depan Daihatsu Usung Kehangatan

Bagi masyarakat Negeri Sakura, kehangatan dalam setiap sendi kehidupan, baik bersama keluarga, teman, maupun masyarakat merupakan hal terpenting. Untuk itu, Daihatsu menampilkan mobil masa depan yang penuh kehangatan.

GELARAN Tokyo Motor Show yang tahun ini dilaksanakan di dua venue, yaitu Tokyo Big Sight Aomi Exhibition Halls dan Arieke Venua di Tokyo, Jepang, 24 Oktober-4 November 2019 menyajikan beragam kendaraan masa depan dengan teknologi terbaru. Salah satunya ialah Daihatsu. Produsen yang sukses menjadi pemimpin pasar di kelas mobil mungil dengan harga terjangkau atau yang disebut kei car itu menampilkan empat mobil konsep masa depan. Presiden Direktur Daihatsu Motor Company (DMC) Soichiro Okudaira mengatakan berkendara bukan hanya kegiatan yang mengasyikkan dan menuntut kepraktisan serta kenyamanan semata, melainkan juga lebih dari itu semua.

"Kami ingin mengedepankan hubungan lebih erat dan komunikasi yang lebih lancar dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat," ujar Soichiro kepada wartawan mancanegara di booth Daihatsu di Aomi Exhibition Halls, Tokyo, Rabu (23/10). Meskipun konsep kendaraan masa depan itu menghadirkan kehangatan, mobil tersebut tetap dilengkapi dengan teknologi terdepan.

Adapun empat mobil konsep yang ditampilkan produsen roda empat asal Negeri Sakura itu, yakni IcoIco, TsumuTsumu, WaiWai, dan WakuWaku.

Misalnya, IcoIco yang dalam bahasa Jepang berarti 'ayo bepergian' merupakan kendaraan umum tanpa pengemudi (otonom). Mobil itu dilengkapi dengan ramp yang dapat naik turun secara otomatis sehingga memudahkan penumpang.

Kendaraan itu juga ramah untuk disabilitas karena kursi roda mudah masuk. Kehangatan kendaraan itu juga tecermin dari bagasi yang luas sehingga cocok bagi traveller. Mobil itu juga dilengkapi dengan robot Nipote yang dapat membantu gaya hidup penggunanya.

Mobil konsep lain, TsumuTsumu, berarti memuat. TsumuTsumu merupakan mini truk masa depan yang peduli dengan beragam situasi. "Kendaraan ini bisa menopang industri di daerah," ujar Soichiro.

Ruang kargo dapat digunakan untuk tempat drone pertanian atau sebagai tempat ruangan pribadi. Kendaraan itu dilengkapi dengan kabin yang didesain untuk berbagai kegunaan. Selain itu, terdapat pintu siku besar dan lipat yang memudahkan keluar-masuk penumpang.

Selanjutnya, WaiWai, merupakan minivan dengan kapasitas enam penumpang. Kendaraan ini akan membawa kehangatan bagi pengendara, anggota keluarga, atau teman. Kendaraan dengan tiga baris ini merupakan kendaraan compact dan sangat mudah dikendarai.

WaiWai dilengkapi dengan dua sunroofs dan desainnya sangat friendly. Minivan ini memiliki ruang yang nyaman untuk aktivitas menyenangkan bersama keluarga.

Konsumen Indonesia

Di antara tiga kendaraan, WakuWaku merupakan mobil konsep yang desainnya sangat pas untuk masyarakat Indonesia. Desainnya yang sekilas mirip Suzuki Jimny ini merupakan mini SUV dengan tampilan cross over.

Sesuai dengan namanya, WakuWaku atau kegembiraan menawarkan suasana yang menyenangkan dan dapat menginspirasi pengendara untuk pergi ke mana saja dengan membawa barang favorit. Bodi kendaraan ini futuristik dan desainnya serba kotak.

Mobil itu merupakan jenis kei car dengan panjang sekitar 3.395 mm atau serupa dengan Jimny. Kendaraan tersebut dilengkapi dengan enam pintu yang bisa dibuka. Empat pintu di samping dan satu pintu di belakang, serta bagian atap yang dapat dibuka. Ruang bagian atap itu bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti helm.

Mengomentari soal rencana mobil tersebut akan diproduksi secara massal, Operating Officer DNGA Business Unit R&D Connect Group Chief Officer DMC Katsumi Marutani mengatakan rencana itu memerlukan proses panjang. Dalihnya, untuk itu harus dilakukan studi kelayakan, terutama menyangkut respons masyarakat.

Di sisi lain, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra juga tidak mau berandai-andai soal kemungkinan mobil tersebut dipasarkan di Indonesia. "Prosesnya masih panjang. Di Jepang sendiri kendaraan itu baru merupakan mobil konsep," pungkas Amelia sambil tersenyum. (S-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More