Rabu 30 Oktober 2019, 22:00 WIB

Mendag Siap Benahi Urusan Ekspor dan Impor

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Mendag Siap Benahi Urusan Ekspor dan Impor

ANTARA/WAHYU PUTRO
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (kiri) sebelum mengikuti rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (20/10/2019).

 

MENTERI Perdagangan, Agus Suparmanto berjanji akan segera membenahi urusan ekspor dan impor yang dinilai kerap bermasalah dalam waktu dekat. Saat ini, ia mengaku upaya itu baru sebatas pada evaluasi.

Secara garis besar, kata dia, kebijakan impor merupakan upaya pemerintah untuk mengisi kekosongan di dalam negeri. Oleh karena itu ia akan lebih selektif dalam mengeluarkan kebijakan impor ke depan.

Baca juga: Perbaiki Neraca Dagang, Pemerintah Dorong Kinerja Ekspor-Impor

"Impor akan dievaluasi apabila ada subtitusi akan kami kurangi. Impor-impor bahan baku akan kami tingkatkan sehingga mendapatkan bisa meningkatkan ekspor produk-produk yang butuh barang dari luar, jadi nilai tambah ekspor kita naik," ucap Agus seusai menghadiri rapat koordinasi di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/10).

Upaya itu, imbuh dia, sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor.

Mengenai hal yang perlu dievaluasi pada sisi regulasi, Agus menyebutkan akan mengecek sejumlah perjanjian yang telah dilakukan pemerintah. Jika ada perjanjian yang tidak menguntungkan Indonesia, ia akan merevisinya, utamanya pada sektor kelapa sawit.

"Sawit sangat potensial, tapi ada diskriminatif," tegasnya. (Mir/A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More