Rabu 30 Oktober 2019, 09:47 WIB

Jaringan Narkoba Internasional Punya Lintasan Baru

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Jaringan Narkoba Internasional Punya Lintasan Baru

MI/Rendy Ferdiansyah
Polisi tingkatkan pengawasan di wilayah perairan yang disinyalir sebagai jalur peredaran narkoba baru di Bangka Belitung.

 

PERAIRAN Selat Nasik Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung (Babel) disinyalir sebagai lintasan baru jaringan narkoba internasional ke wilayah Indonesia, khususnya ke Pulau Jawa. Direktur Narkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Mirzal Alwi mengatakan lintasan baru ini berdasarkan pembuktian yang dilakukan BNN saat menangkap para pengedar narkoba jaringan internasional yang diamankan di Jakarta belum lama ini.

"Kalau saya tidak salah terakhir itu, BNN menggagalkan peredaran sabu sebesar 45 kg. Pelaku menggunakan kapal pesiar melintasi perairan Selat Nasik dan sempat sandar di Pulau Belitung," kata Mirzal Alwi, Rabu (30/10).

Dengan temuan itu pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan terhadap kapal-kapal yang melintas, khususnya kapal pesiar.

"Kita akan mempersempit gerak para pelaku ini. Kita akan awasi setiap kapal yang melintasi perairan Selat Nasik," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan terhadap kapal-kapal yang melintas, khususnya kapal pesiar.

"Untuk itu, pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan terhadap kapal-kapal yang melintas khususnya kapal pesiar.

"Kita akan persempit gerak para pelaku ini. Kita akan awasi setiap kapal yang melintasi perairan Selat Nasik," tegasnya.

Sementara, Wakapolda Babel, Kombes Slamet Hadi mengatakan untuk mengantisipasi perlintasan jaringan narkoba internasional yang disinyalir melalui peraian Selat Nasik ini, harus ada kerja sama Bea Cukai, KSOP dan BNNP.

baca juga: Bursa Tenaga Kerja Klaten Tawarkan 11.912 Lowongan Pekerjaan

"Kerja sama akan memberikan gambaran untuk monitor perjalanan mereka baik perorang maupun dengan kapal terdeteksi oleh dirnarkoba dan jajarannya," kata Wakapolda.

Lebih dari itu, lanjutnya untuk daerah yang menjadi sasaran akan ditempatkan personel, untuk melakukan pemantauan. Sehingga dengan demikian pencegahan bisa prefentif.(OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More