Rabu 30 Oktober 2019, 11:10 WIB

Integrasikan Tiket Transportasi Erick Thohir Temui Anies

Selamat Saragih | Megapolitan
Integrasikan Tiket Transportasi Erick Thohir Temui Anies

ANTARA/Ricky Prayoga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) memberikan pernyataan pada awak media di Balai Kota Jakarta

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mendatangi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta hari ini. Pertemuan tersebut untuk membahas kebijakan integrasi layanan transportasi di seluruh Jakarta dalam satu tiket. Namun, Erick tidak menjelaskan kepada wartawan secara detail konsep pengintegrasian tersebut.

"Kami menyusun garis besarnya saja, apa yang perlu kami bahas. Ini baru pertemuan pertama. Mungkin pada saat yang tepat, baru kami bisa presentasikan total planning-nya agar tidak membi-ngungkan masyarakat," kata Erick di Balai Kota, kemarin.

Sementara itu, Anies mengatakan pertemuan mereka bertujuan agar kereta api, Trans-Jakarta, kemudian angkutan umum lainnya itu bisa terintegrasi dalam satu sistem pengelolaan.

Saat ini, kata Anies, kartu tiket transportasi umum yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI belum terintegrasi satu sama lain. Kartu Jak Lingko yang dikelola Bank DKI hanya bisa digunakan untuk naik bus Trans-Jakarta dan angkutan Jak Lingko. Sementara MRT, LRT, dan KRL Commuterline masing-masing menerbitkan kartu tiketnya dan tidak terintegrasi satu sama lain.

"Saat ini, kalau menggunakan Jak Lingko bisa, kecuali yang dikelola pemerintah pusat. Nah, karena itu, tadi dibahas supaya pengguna kartu itu bisa menggunakan kendaraan yang dikelola pemerintah pusat juga. Jadi, bukan pembangunan infrastruktur, tapi integrasi pengelolaan transportasi umum," ungkap Anies.

Selanjutnya, Anies menjelaskan bahwa kini Pemprov DKI bersama BUMN sudah membentuk tim kecil. Tim itu bertugas untuk merumuskan langkah-langkah penyatuan program integrasi moda transportasi.

"Sesuai dengan arahan Pak Presiden, pengelolaan transportasi itu diserahkan ke Pemprov DKI," kata Anies.

Menurutnya, pertemuan dirinya dengan Eric juga untuk mengimplementasikan arahan presiden pada rapat terbatas 8 Januari lalu yang menginginkan adanya percepatan integrasi transportasi. (Ssr/put/J-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More