Rabu 30 Oktober 2019, 06:00 WIB

Awal Musim Hujan, Waspadai Bencana

(Ind/H-2) | Humaniora
Awal Musim Hujan, Waspadai Bencana

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo

 

SEBANYAK 20% wilayah Indonesia memasuki musim hujan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperingatkan masyarakat akan potensi bencana hidrometrologi, seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung.

"Sudah terjadi bencana banjir dan tanah longsor, seperti di Aceh, Kalimantan Tengah, dan Jawa Barat. Sementara itu, beberapa wilayah yang mengalami pancaroba terjadi bencana puting beliung di beberapa wilayah, antara lain di Jawa Barat dan Jawa Tengah," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo di Jakarta, kemarin.

Dalam catatan BNPB, selama Oktober 2019 telah terjadi 57 kali puting beliung yang menyebabkan satu orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka, 462 mengungsi, 7.425 rumah rusak.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan melanda 47% wilayah di Indonesia pada November dan 23% sisanya pada Desember 2019. Saat ini beberapa wilayah dengan curah hujan tinggi hingga sangat tinggi dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatra Utara, sebagian Sumatra Barat, dan sebagian wilayah Papua. (Ind/H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More