Selasa 29 Oktober 2019, 21:58 WIB

Tentara AS Tewaskan Calon Penerus Utama Pimpinan ISIS

Ghani Nurcahyadi | Internasional
Tentara AS Tewaskan Calon Penerus Utama Pimpinan ISIS

AFP/Aaref Watad
Lokasi bekas serangan terarah tentara AS yang menewaskan Juru Bicara Al-Baghdad, Abu Hassan Al-Muhajir

 

PENERUS utama Abu Bakar Al-Baghdadi ditampuk kepemimpinan kelompok teror Negara Islam (ISIS) ikut tewas dalam serangan militer Amerika Serikat yang menyasar Al-Baghdadi di Suriah.

Hal itu diungkapkan oleh Presiden AS Donald Trump lewat cicitannya di media sosial Twitter, Namun, Trump tidak merinci nama penerus Al-Baghdadi yang tewas tersebut.

"Hanya mengonfirmasi, penerus nomor satu Abu Bakar Al-Baghdadi ikut tewas oleh (serangan) pasukan AS. Dia orang yang kemungkinan besar menggantikan Al-Baghdadi," kata Trump.

Milis Kurdi di Suriah menyebutkan, penerus utama Al-Baghdadi yang ikut tewas tersebut adalah juru bicara Al-Baghdadi, Abu Hassan Al-Muhajir. Ia tewas dalam sebuah serbuan terpisah di wilayah Ain Al-Baydah.

Baca juga : Mahfud: Al-Baghdadi Mati, ISIS Tetap Diwaspadai

Namun, belum dapat dipastikan, Al-Muhajir merupakan sosok yang dirujuk Trump sebagai penerus utama Al-Baghdadi.

Komandan Milisi Kurdi Mazloum Abdi bercicit lewat Twitter, Al-Muhajir tewas dalam sebuah serangan terarah dalam operasi militer yang dilakukan intelijen pihaknya dengan tentara AS.

Serangan itu dilakukan sehari usai tentara AS menewaskan Al-Baghdadi dalam operasi militernya.

Al-Baghdadi diketahui meledakkan dirinya dengan rompi yang dipasangi bahan peledak saat tersudut oleh operasi militer AS. Ledakan itu kut membunuh tiga anak Baghdadi. (AFP/OlL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More