Selasa 29 Oktober 2019, 20:21 WIB

Kebijakan Jokowi di Papua tidak Sentuh Akar Persoalan

Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum
Kebijakan Jokowi di Papua tidak Sentuh Akar Persoalan

Setpres
PRESIDEN JOKOWI RESMIKAN JEMBATAN YOUTEFA PAPUA

 

PENGAMAT politik LIPI Cahyo Pamungkas memandang bahwa kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Papua hanya menegaskan visi pembangunan infrastruktur yang selama ini dilakukan pemerintah, tetapi belum menyentuh substansi persoalan.

"Pemerintah masih ingin melanjutkan pembangunan infrastruktur fisik dan mencoba untuk menjawab persoalan aspirasi orang Papua atau untuk menyelesaikan konflik Papua. Tapi saya kira tindakan itu kurang cukup. Itu memang diperlukan, tapi itu masih kurang," ungkap Cahyo saat dihubungi Media Indonesia (29/10).

Menurutnya pembangunan infrastruktur dan wacana pemekaran wilayah bukan jawaban yang tepat untuk menangani persoalan Papua. Alasan mendekatkan layanan publik tidak mesti dijawab dengan pemekaran.

"Itu tidak akan menyelesaikan semua masalah," tegasnya.

Selain masalah infrastruktur, Presiden juga memberi perhatian terhadap masalah politik, kekerasan HAM masa lalu, isu rasisme, dan identitas politik masyarakat Papua. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More