Selasa 29 Oktober 2019, 19:43 WIB

Kementerian KUKM Gandeng Gojek Majukan UMKM

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Kementerian KUKM Gandeng Gojek Majukan UMKM

Dok. Gojek
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menerima Audiensi dari CEO Gojek Indonesia Andre Soelistyo di Ruang Kerja Menteri Koperasi dan UKM.

 

KEMENTERIAN Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) bersinergi dengan Gojek Indonesia untuk meningkatkan digitalisasi di kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dengan digitalisasi, diharapkan kompetensi UMKM akan terangkat dan membuka jalan mereka untuk naik kelas.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian KUKM Victoria Simanungkalit mengatakan Gojek kini telah memiliki mitra UMKM yang sangat banyak.

Para pelaku usaha itu yang nantinya akan disasar oleh Kemenkop untuk diberikan program-program, tidak hanya berupa pelatihan, namun juga intelegensi pasar, kolaborasi layanan serta registrasi perizinan.

"Kami ingin membangun sinergi dengan semua pihak dalam upaya memberdayakan UMKM supaya lebih cepat naik kelas dan mengangkat kesejahteraan mereka," ujar Victoria melalui keterangan resmi, Selasa (29/10).

Baca juga : UMKM Didorong Perluas Pasar Lewat Jalur Online

Chief Policy and Goverment Relations Gojek Indonesia Dyan Shinto Nugroho mengatakan pihaknya memiliki visi misi yang sama dengan pemerintah yakni memajukan sektor UMKM di Tanah Air.

“Untuk itu, kita akan bersama-sama bekerja menjalankan tugas ini. Kerja sama ini dilakukan secara kolaboratif dengan marketplace yang lain sehingga program-program yang ada tepat guna dan produktif,” kata Shinto.

Shinto mengatakan mitra UMKM Gojek saat ini sudah mencapai 400 ribu. Itu merupakan kekuatan untuk mengembangkan kerja sama kedua pihak.

Mitra UMKM itu banyak yang memulai bisnis karena keberadaan Gojek dan sampai sekarang belum memiliki izin.

"Hal-hal seperti itu yang akan kami bantu mudahkan. Itu akan disinergikan dengan program KUR dan lain sebagainya," tandas Shinto. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More