Selasa 29 Oktober 2019, 19:22 WIB

Pemkab Bangli Bantu Masyarakat Kerja di LN dengan Dana Bergulir

Ruta Suryana | Nusantara
Pemkab Bangli Bantu Masyarakat Kerja di LN dengan Dana Bergulir

Antara
Pemkab Bangli menerapkan program dana bergulir untuk membantu masyarakatnya yang ingin meniti karir di bidang pariwisata

 

PEMERINTAH Kabupaten Bangli menerapkan program dana bergulir untuk membantu masyarakatnya yang ingin meniti karir di bidang pariwisata, khususnya di perhotelan dan kapal pesir. Bagi yang berminat akan dibantu pendidikan dan keberangkatannya ke luar negeri dengan pinjaman dana bergulir dengan bunga yang sangat rendah.

"Khusus untuk dana bergulir pemberangkatan (ke luar negeri), bunganya   tetap 6 % per tahun. Dan bisa dikembalikan setelah pulang dari dari luar negeri," ujar Bupati Bangli, I Made Gianyar saat menjadi pembicara pada seminar bertajuk Sukses Cepat di Usia Muda, Bekerja di Industry Hospitality di Era Digital 4.0, yang diselenggarakan lembaga  
Meditteranean Bali di Wantilan Desa Wisata Penglipuran, Selasa (29/10).

Program dana bergulir yang sudah diterapkan sejak 2012 ini untuk merespons sekaligus memberikan peluang bagi masyarakat Bangli yang ingin bekerja di bidang pariwisata. Untuk menunjang dan memfasilitasi program tersebut, Pemkab Bangli menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga pelatihan kerja yang salah satunya Mediteranean Bali.

Untuk meringankan masyarakat, rencananya bunga dana bergulir untuk pendidikannya akan diturunkan lagi menjadi 3 % bahkan 0 %. Bagi masyarakat kurang mampu yang sudah menamatkan pendidikan di LPK, Pemkab Bangli juga sudah menyiapkan dana bergulir pemberangkatan dengan nominal mencapai Rp35 juta.

Sementara itu, Manajer Kampus Meditteranean Bangli, Anak Agung Gede Darmawan mengatakan, Meditteranean Bali merupakan salah satu kampus yang memiliki dua agen resmi yaitu Creewindow untuk penyaluran ke hotel di luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Jepang, Dubai, Qatar, Sigapura dan Luxury Yatch dan CTI Group Bali untuk penyaluran ke Premium Cruise Liner.

baca juga: TPA Suwung Kembali Normal

Berdasarkan data yang dimiliki oleh kedua agen tersebut, selain untuk kebutuhan dalam negeri, setiap tahun dibutuhkan ribuan crew untuk diberangkatkan baik ke hotel di luar negeri maupun kapal pesiar sehingga tidak bisa dipungkiri, pariwisata merupakan primadona bagi kaum milenial, karena mampu memberi peluang yang sangat besar untuk
kesempatan kerja yang sangat cepat. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More