Selasa 29 Oktober 2019, 17:26 WIB

TPA Suwung Terbakar, Sampah Menumpuk

Arnoldus Dhae | Nusantara
TPA Suwung Terbakar, Sampah Menumpuk

Antara
Pengangkutan sampah menuju TPA Suwung, Denpasar terhambat sejak TPA tersebut terbakar. Akibatnya sampah menumpuk.

 

KEBAKARAN yang terjadi di TPA Suwung, Kecamatan Denpasar Selatan menyebabkan sampah yang di beberapa sudut Kota Denpasar menjadi menumpuk. Sampah yang biasanya tertampung di tempat pembuangan sementara (TPS) tidak terangkut dengan baik.

Putu Nanda warga Denpasar mengaku, saat ia membuang sampah ke TPS yang berlokasi bersebelahan dengan Kantor Satpol PP Kota Denpasar, ada petugas yang melarang. Larangan itu sangat beralasan karena di TPS yang bersangkutan, sampah tidak terangkut dengan baik dan dibiarkan membludak.

"Kemarin sore suami saya mengantar sampah ke TPS biasa. Namun sampai di sana ada petugas yang melarang. Petugas meminta agar sampah itu dibawa pulang sebab sampah yang ada di TPS belum terangkut dengan baik. Suami saya akhirnya membawa pulang ke rumah. Sampahnya bau enggak sedap, tapi mau bagaimana lagi. Kita tampung dulu di rumah. Mungkin besok sudah bisa dibuang," ujarnya di Denpasar, Selasa (29/10).

Pantauan media ini di beberapa TPS di Kota Denpasar menunjukan kondisi yang sama. Banyak sampah meluber dan tidak bisa terurus dengan baik. Seperti TPS di ujung Jl PB Sudirman Denpasar. TPS yang cukup besar tersebut menampung sampah sudah beberapa hari lalu. Hingga Selasa sore (29/10), sampah-sampah itu belum terangkut. Namun warga terus saja membuang sampah karena tidak ada arahan dari petugas yang melarang agar sampah ditahan dulu di rumah masing-masing. Akibatnya, banyak bau tidak sedap menyengat. Apalagi Jl Sudirman merupakan wilayah pusat  pendidikan, kampus, pertokoan dan pemukiman warga.

Kabag Humas dan Protokol Kota Denpasar Dewa Rai saat dikonfirmasi melalui pesan singkat mengakui adanya banyak sampah di TPS yang tidak terangkut dengan maksimal. Hal ini disebabkan adanya persoalan yang terjadi di TPA Suwung beberapa hari yang lalu.

baca juga: Pasha Dapat Rekomendasi PAN Maju Pilgub Sulteng

"Beberapa hari lalu ada musibah kebakaran di TPA Suwung. Sehingga sampah-sampah sempat dihentikan pengangkutannya. Namun mulai hari ini sudah diangkut secara perlahan-lahan," ujarnya.

Ia mengakui jika tumpukan sudah terlalu banyak sehingga dalam satu TPS tidak bisa lagi sekali diangkut. Perlu beberapa kali diangkut, dan penumpukan terus terjadi. Ia mengimbau agar warga masyarakat bisa bersabar menghadapi musibah ini. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More