Selasa 29 Oktober 2019, 13:57 WIB

Lelang Proyek IPAL Zona Satu Jakarta Dimulai November

Andhika Prasteyo | Ekonomi
Lelang Proyek IPAL Zona Satu Jakarta Dimulai November

ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Petugas memeriksa kadar air limbah batik di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kampung Batik Kauman, Pekalongan, Jawa Tengah

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan segera membuka proses lelang dini untuk proyek instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau yang disebut dengan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) khusus Zona Satu.

Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PU-Pera Iskandar mengungkapkan lelang akan dilaksanakan pada November. Diharapkan, pada awal 2020, pemenang tender sudah ditetapkan dan konstruksi bisa dimulai.

Konstruksi IPAL Zona 1 diperkirakan akan menelan biaya hingga Rp8 triliun.

Kementerian PU-Pera akan menyumbang dana sebesar Rp5,6 triliun yang berasal dari bantuan pemerintah Jepang. Adapun, sisanya berasal dari kantong APBD DKI Jakarta.

IPAL zona 1 akan mencakup kawasan Pluit dengan luas lahan 3,9 hektare dan kapasitas 240.000 meter kubik per hari.

Fasilitas tersebut akan mampu melayani 220.000 sambungan rumah di 41 kelurahan yang tersebar di delapan Kecamatan yakni Menteng, Tanah Abang, Gambir, Sawah Besar, Taman Sari, Tambora, Pademangan dan Penjaringan yang seluruhnya bermuara ke Waduk Pluit.

Baca juga: Kementerian PU-Pera Bantu Pemprov DKI Jakarta Bangun IPAL

Ia menyebut, saat ini, Jakarta sangat kekurangan IPAL yang terintegrasi. Baru 11% daerah di Jakarta yang terlayani IPAL terintegrasi yakni mencakup daerah Sudirman hingga Kuningan dan bermuara ke Waduk Setiabudi.

Hal itu membuat saluran air limbah di daerah lain tidak bisa menampung debit air yang besar ketika musim hujan berlangsung.

"Akhirnya airnya menggenang ke jalan-jalan," ujar Iskandar di kantornya, Jakarta, Selasa (29/10).

Dengan dibangunnya IPAL Zona Satu dengan cakupan yang lebih luas, diharapkan polemik terkait air limbah akan dapat semakin ditekan di masa mendatang.

Sedianya, proyek IPAL di Jakarta terbagi menjadi enam zona yang akan rampung bertahap hingga 2027 mendatang.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA

Ketidakpastian Tinggi, IHSG Kembali Masuk Teritorial Negatif

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 08 April 2020, 09:37 WIB
Sentimen pasar dari dalam negeri kali ini berkutat pada proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini yang akan mengalami penurunan tajam...
Istimewa/Kementan

Pandemi Covid-19 Tak Halangi Wonogiri Capai Produksi 10,5 Ton/Ha

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 09:37 WIB
Meskipun sedang ada pandemi Covid-19, tidak menghalangi Kabupaten Wonogiri menunjukkan eksistensinya sebagai lumbung pangan di Jawa...
Istimewa/Kementan

Genius Umar Tegaskan Stok Beras Aman Hadapi Korona dan Ramadan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 09:22 WIB
Wali Kota Pariaman, Genius Umar, menegaskan stok beras di daerahnya aman walaupun tengah dihadapkan pandemi virus korona atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya