Selasa 29 Oktober 2019, 13:45 WIB

Jokowi Berharap Ada Unicorn dari Papua

Damar Iradat | Nusantara
Jokowi Berharap Ada Unicorn dari Papua

Dok Setpres
Presiden Joko Widodo menari bersama masyarakat Papua

 

PRESIDEN Joko Widodo meluncurkan Papuan Youth Creative Hub, di Jayapura, Papua. Dari fasilitas ini, pemuda 'Bumi Cenderawasih' diharap bisa melahirkan perusahaan rintisan yang mampu menjadi unicorn dan decacorn di wilayah Indonesia bagian timur.

"Itu adalah sebuah rencana besar. Papua Muda Insipiratif segera akan kita bangun bersama-sama," kata Presiden Jokowi, di Papua, Senin (28/10).

Menurut dia, pusat kreativitas pemuda ini akan menandai pentingnya lompatan besar anak-anak muda Indonesia, khususnya dari Papua, dalam berkompetisi di dunia global. Pemuda Papua pun diminta ikut terjun membangun tanah kelahirannya.

"Saya sangat menyambut baik sekali, yang pintar-pintar, yang kreatif, yang inovatif itu dikumpulkan dalam sebuah wadah besar yang namanya Papua Muda Inspiratif," jelas Kepala Negara.

Pendiri PT Papua Muda Inspiratif Neil Aiwoy mengatakan pusat pengembangan ini rencananya dibangun di Jalan Vim, Kotaraja, Jayapura. Proyek akan memanfaatkan luasan tanah sebesar 1,5 hektare.

Baca juga: Jokowi Tinjau Posko Pengungsi Pascagempa di Ambon

Pusat pengembangan ini nantinya terdiri dari ruangan-ruangan untuk belajar tentang bisnis, teknologi internet, pemrograman dan dasar-dasar pengembangan perusahaan rintisan. Bangunan ini juga dilengkapi asrama.

PT Papua Muda Inspiratif yang didirikan 21 pemuda-pemudi asli Papua ini akan mengelola pusat pengembangan itu. Fasilitas ini ditargetkan mencetak kurang lebih 100 pemilik perusahaan rintisan atau pergerakan sosial yang dapat ikut berkontribusi mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Seharusnya space-space seperti ini sudah ada dari dulu, untuk menciptakan banyak pelaku usaha berbasis teknologi dan inovasi di tanah Papua," ujar Neil.

Pendiri PT Papua Muda Inspiratiflainnya, Paskalis Pigai, mengungkapkan pusat pengembangan kreasi dan perusahaan rintisan ini juga akan merangkul anak-anak muda yang memiliki bakat seni dan hiburan.Sejak diluncurkan Presiden, sudah ada 265 orang yang mendaftar untuk menjadi anggota.

Papua Muda Inspiratif berencana mengadakan pengenalan bisnis di 7 kota di Papua dan Papua Barat, serta di 4 kota studi di Luar Papua, seperti Manado, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Langkah itu diharap mendorong lebih banyak putra-putri Papua untuk bergabung. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More