Selasa 29 Oktober 2019, 08:59 WIB

Seorang Pria Ditangkap Pascapenembakan Masjid di Prancis

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Seorang Pria Ditangkap Pascapenembakan Masjid di Prancis

AFP/GAIZKA IROZ
Polisi Prancis berjaga-jaga di depan masjid di Bayonne

 

PIHAK berwenang Prancis menangkap seorang pria yang diduga menembak dan melukai dua laki-laki berusia 70-an tahun di luar sebuah masjid di Prancis barat daya, kata polisi.

Seorang pria berusia 84 tahun melepaskan tembakan ketika kedua korban, yang berusia 74 dan 78 tahun, mendapatinya berusaha membakar sebuah masjid di Bayonne, kata polisi dalam sebuah pernyataan, Senin (28/10) waktu setempat.

Para korban dibawa ke rumah sakit terdekat dengan cedera serius, sementara tersangka penembak, diidentifikasi sebagai Claude Sinke, ditangkap di dekat rumahnya. Sinke juga membakar mobil di luar masjid.

"Saya mengutuk keras serangan keji yang dilakukan di depan Masjid Bayonne," kata Presiden Emmanuel Macron lewat Twitter.

"Semua upaya akan dilakukan untuk menghukum para pelaku dan melindungi rekan muslim kami," tambahnya.

Baca juga: UE Usulkan Perpanjangan Brexit Hingga 31 Januari

Secara terpisah, Menteri Dalam Negeri Christophe Castaner mengonfirmasi penangkapan itu. Ia menyampaikan solidaritas dan dukungannya kepada komunitas muslim.

Marine Le Pen, pemimpin partai sayap kanan National Rally yang memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok antimuslim, juga mengecam penembakan itu.

"Serangan itu ... bertentangan dengan semua nilai gerakan kami," kata Le Pen.

Sementara Jean-Luc Melenchon, pemimpin sayap kiri berkata, "Pidato publik harus berhenti mendorong kebencian."

Motif serangan belum jelas dan sedang dalam penyelidikan.

Masjid itu ditutup untuk penyelidikan dan satu regu bom dikirim ke rumah Sinke di Saint-Martin-de-Seignanx, sebuah kota berpenduduk 5.000 orang sekitar 16 km (10 mil) dari Bayonne.

Sebuah tim psikolog dikerahkan untuk memberikan perawatan bagi para saksi dari kejadian tersebut.

Insiden itu terjadi hanya beberapa jam setelah Macron mendesak muslim Prancis untuk meningkatkan perang melawan 'separatisme' setelah serangan terbaru di tanah Prancis. Seorang pegawai polisi menikam empat rekan kerja hingga tewas bulan ini. (Al Jazeera/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More