Selasa 29 Oktober 2019, 08:30 WIB

Presiden Cile Rombak Sepertiga Kabinet

Basuki Eka Purnama | Internasional
Presiden Cile Rombak Sepertiga Kabinet

AFP/Martin BERNETTI
Demonstran beraksi di antara kepulan asap di Santiago, Cile.

 

PRESIDEN Cile Sebastian Pinera mengungkapkan reshuffle besar-besaran tehadap kabinetnya, Senin (28/10), saat menanggapi demonstrasi besar-besaran selama 10 hari yang menewaskan setidaknya 20 orang.

Pinera mengganti delapan menteri--sepertiga anggota kabinetnya--termasuk Menteri Dalam Negeri Andres Chadwick dan menggantikannya dengan Gonzalo Blumel.

Di antara mereka yang selamat dari reshuffle adalah Menteri Luar Negeri Teodoro Ribera.

Demonstran menuntut pengunduran diri Pinera saat warga marah dengan kesenjangan ekonomi dan sosial di negara tesebut.

Baca juga: Presiden Cile Cabut Status Darurat

Pengumuman reshuffle itu diungkapkan seiring demonstrasi baru di depan istan presiden di Santiago dengan sejumlah demonstran meneriakan yel-yel, "Pinera, pergi kau ke neraka!"

Menteri Keuangan Felipe Larrain digantikan oleh Ignacio Briones. Larrain, pekan lalu, menjadi sasaran kritik setelah dia menyarankan warga Cile untuk membeli bunga karena negara itu tidak dilanda inflasi dan harga bunga bahkan turun.

Yang juga dipecat adalah Menteri Ekonomi Andres Fontaine yang dikecam warga karena menyarankan para pekerja untuk berangkat lebih pagi untuk menghindari tarif metro yang naik di jam sibuk. Posisinya digantikan Lucas Palacio.

Kenaikan 3% harga tiket metro itu merupakan pemicu demonstrasi yang telah berlangsung selama 10 hari itu. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More