Senin 28 Oktober 2019, 19:33 WIB

Segera Gelar Uji Kelayakan, Idham Aziz Bakal Mulus jadi kapolri

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Segera Gelar Uji Kelayakan, Idham Aziz Bakal Mulus jadi kapolri

MI/Ramdani
Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Idham Aziz

 

PIMPINAN DPR beri sinyal menerima usulan Presiden Joko Widodo yang mengusulkan Komjen Pol Idham Aziz sebagai Kapolri pengganti Tito Karnavian.

Ketua DPR RI Puan Maharani menilai Idham Aziz merupakan sosok yang tepat meneruskan tugas sebagai Kapolri. Idham dikatakan oleh Puan memiliki pengalaman panjang di institusi kepolisian.

"Idham Aziz kan punya track record yang sangat panjang jadi sejauh ini Insya Allah tidak ada masalah," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10).

Puan melanjutkan, DPR melalui Komisi III akan segera melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Idham Aziz sebagai Kapolri. Uji kelayakan dilakukan setelah pembentukan komisi-komisi dan alat kelengkapan dewan yang akan disahkan pada rapat paripurna esok.

"Tentu saja harus dilakukan mekanisme yang ada di DPR terkait dengan pembentukan komisi dan kemudian pengisian komisi dengan pelantikan pimpinan yang ada di komisi dan anggota-anggotanya," ujarnya.

Baca juga : Ketua DPR Sebut Uji Kelayakan Calon Kapori Digelar Pekan Ini

Sementara itu, dalam kesempata yang berbeda Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan bahwa hingga saat ini belum terlihat adanya penolakan Idham sebagai calon Kapolri di DPR.

Secara pribadi, Dasco menilai Idham sebagai sosok yang punya kapasitas yang cukup sebagai calon Kapolri. Hasil kerja Idham pun, menurut Dasco, sudah terbukti baik.

"Saya belum melihat adanya penolakan pada sosok yang dikirim oleh presiden tersebut," tutur Dasco.

Dasco melanjutkan, meski tidak adanya unsur penolakan, DPR tetap akan menggelar uji kelayakan Idham sesuai dengan prosedur dan tata tertib yang berlaku di DPR.

Uji kelayakan oleh Komisi III dilakukan untuk mempelajari rekam jejak dan portofolio Idham, serta mempelajari masalah-masalah yang diduga bakal dihadapi Kapolri baru.

"Dan saya pikir tidak akan keluar dari situ fit and proper test yang dilakukan oleh teman-teman di Komisi III," kata Dasco. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More