Senin 28 Oktober 2019, 13:24 WIB

Ketua DPR Sebut Uji Kelayakan Calon Kapori Digelar Pekan Ini

Ketua DPR Sebut Uji Kelayakan Calon Kapori Digelar Pekan Ini

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ketua DPR periode 2019-2024 Puan Maharani (kanan)

 

KETUA DPR RI Puan Maharani merinci agenda kegiatan yang akan dilakukan pekan ini, mulai dari pembentukan komisi-komisi dan pengisian anggora Komisi III DPR RI kemudian dilakukan uji kelayakan calon Kapolri Komjen Pol Idham Aziz.

"Insya Allah (pekan ini uji kelayakan calon Kapolri), targetnya pekan ini urusan komisi dan lain-lain itu sudah bisa kita lakukan dan selesaikan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/10).  

Dia mengatakan mekanisme yang akan dilakukan DPR adalah pembentukan komisi dan pengisian anggota komisi lalu pelantikan pimpinan serta para anggota komisi. Setelah itu, dilakukan Rapat Pimpinan (Rapim) DPR RI dan Rapat Konsultasi dengan Pimpinan DPR untuk membahas surat masuk untuk komisi-komisi salah satunya terkait uji kelayakan calon Kapolri.

"Setelah semua mekanisme itu dilakukan, insya Allah nama yang diusulkan menjabat sebagai Kapolri yang akan datang akan bisa segera dilantik," ujarnya.

Baca juga: DPR Segera Uji Kelayakan Kapolri

Puan menargetkan pekan ini urusan komisi-komisi sudah bisa diselesaikan bersama mitra-mitra kerja dari kementerian/lembaga yang baru dilantik. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Pimpinan DPR pada Senin akan menggelar Rapat Pimpinan untuk membahas Surat Presiden (Surpres) tentang penunjukan calon Kapolri dan sore hari menggelar Rapat Badan Musyawarah (Bamus).

Setelah itu, lanjut Puan, pada Selasa (29/10), DPR akan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda menugaskan Komisi III DPR untuk melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

"Kita akan lihat hasil Rapim dan Bamus pada hari ini. Insya Allah proses yang diharapkan dapat berjalan tidak terlalu lama," ungkapnya.(OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More