Senin 28 Oktober 2019, 12:33 WIB

Alberto Fernandez Menangi Pemilu Argentina

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Alberto Fernandez Menangi Pemilu Argentina

AFP/ALEJANDRO PAGNI
Presiden terpilih Argentina Alberto Fernandez

 

KANDIDAT oposisi sayap kiri Alberto Fernandez telah terpilih sebagai presiden Argentina dalam pemilihan umum presiden yang didominasi masalah ekonomi. Kerumunan orang berkumpul di markas pemilihan Fernandez untuk merayakan hasil pemilu itu.

Fernandez memperoleh lebih dari 45% suara yang dibutuhkan untuk menang, mengalahkan petahana konservatif Mauricio Macri.

Pemungutan suara diadakan di tengah krisis ekonomi yang menyebabkan sepertiga penduduk Argentina hidup dalam kemiskinan.

Macri tertinggal di belakang penantangnya dalam jajak pendapat prapemilihan dan dikalahkan Fernandez dalam pemilihan primer pada Agustus.

Dia mengakui kekalahan pada Minggu (27/10) malam. Saat mengucapkan selamat kepada saingan politiknya, ia mengatakan telah mengundang Fernandez ke istana presiden pada Senin (28/10) untuk membahas proses transisi kekuasaan yang tertib.

Baca juga: Claudia Lopez, Wali Kota Perempuan Pertama Bogota

Fernandez kemudian mengatakan kepada para pendukungnya ia akan berkolaborasi dengan pesaingnya tersebut dengan segala cara yang bisa.

Dengan lebih dari 90% surat suara dihitung, Fernández meraup 47,79% suara dibandingkan dengan Macri yang meraih 40,71% suara.

Seorang kandidat membutuhkan setidaknya 45% suara atau 40% dan unggul 10 poin atas kontestan tempat kedua, untuk menang di babak pertama.

Pemilu didominasi kekhawatiran atas ekonomi. Dengan hampir satu dari tiga orang yang sekarang hidup dalam kemiskinan, para pemilih mendukung kandidat yang mereka pikir terbaik untuk memimpin negara keluar dari krisis.

Macri berjanji untuk mewujudkan ‘nol kemiskinan’, tetapi masalah malah kian memburuk selama pemerintahannya empat tahun. Para pendukungnya berkilah dia mewarisi ekonomi yang hancur ketika dia berkuasa dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Fernández mengatakan dia akan bermain aman secara finansial. Tetapi lawan-lawannya menyatakan keprihatinan atas pasangannya, mantan Presiden Cristina Fernandez de Kirchner.

Fernandez de Kirchner dikenang pendukungnya sebagai Eva Peron modern, yang memperjuangkan orang miskin dengan program kesejahteraan. Tapi dia adalah tokoh yang memecah belah, juga dituduh korup dan tidak bertanggung jawab secara ekonomi. (BBC/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More