Senin 28 Oktober 2019, 09:00 WIB

Presiden Cile Cabut Status Darurat

Basuki Eka Purnama | Internasional
Presiden Cile Cabut Status Darurat

AFP/Raul Goycoolea
Aksi demonstrasi di Cile

 

PRESIDEN Cile Sebastian Pinera, Minggu (27/10), mengumumkan status darurat yang telah berlangsung selama lebih dari sepekan akan dicabut, Namun, demonstrasi tetap terjadi di negara itu.

Keputusan yang diambil dua hari setelah lebih dari 1 juta orang turun ke jalan menuntut perbaikan ekonomi dan politik terjadi setelah jam malam yang berlangsung selama sepekan berakhir pada Sabtu (26/10).

Pihak berwenang memberlakukan status darurat dan jam malam pada akhir pekan lalu setelah Cile dilanda kerusuhan sipil terparah dalam puluhan tahun.

Diawali dari demonstrasi mahasiswa memprotes kenaikan tarif kereta api dengan cepat menjadi tidak terkendali dan mematikan.

Baca juga: Presiden Cile Umumkan Perombakan Besar Kabinetnya

Sebuah pesan dari akun Twitter Presiden Cile mengatakan status darurat yang menyebabkan sekitar 20 ribu prajurit dan polisi diturunkan ke jalan akan diakhiri.

Keputusan itu diambil sehari setelah Pinera mengatakan dirinya telah meminta semua menteri untuk mengundurkan diri agar bisa dibentuk pemerintahan baru.

"KIta berada di realitas baru. Cile sudah tidak sama dengan Cile pada pekan lalu," ujarnya. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More