Minggu 27 Oktober 2019, 13:56 WIB

Empat Domain Sains Wajib Dikuasai Generasi Milenial

Alexander P Taum | Nusantara
Empat Domain Sains Wajib Dikuasai Generasi Milenial

MI/Akexander P Taum
Pembukaan kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, NTT, Minggu (27/10).

 

GENERASI milenial atau Gen-Z, wajib menguasai sains guna menghadapi revolusi industry 4.0. Menyadari pentingnya literasi sains, maka Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, NTT menyelenggarakan kompetisi  sains tingkat SMA/SMK-MA sederajat sedaratan Flores dan Lembata. Kompetisi sains tersebut dimotori oleh Prodi Fisika, Prodi Kimia dan
Prodi Biologi.

"Lebih dari itu literasi sains terdiri dari 4 domain, yaitu domain konteks, kompetensi sains, pengetahuan sains, dan sikap terhadap sains. Keempat domain literasi sains inilah yang harus dimiliki generasi zaman sekarang," ungkap Rektor Unipa Maumere, Doktor Angelinus Vincentius saat membuka acara kompetisi sains tingkat SMA/SMK sederajat di Unipa
Maumere yang diikuti 20 SMA sedaratan Flores Lembata, Minggu (27/10) siang

Dikatakan,  literasi sains terdiri dari empat domain, yaitu domain konteks, kompetensi sains, pengetahuan sains, dan sikap terhadap sains. Keempat domain literasi sains inilah yang harus dimiliki generasi zaman sekarang.

baca juga: ASN Babel Wajib Pakai Kopiah Resam Setiap Kamis-Jumat

Peserta kegiatan berjumlah 45 tim. Masing-masing terdiri dari 2 orang peserta, dan setiap sekolah mengirimkan 1 guru pendamping. Jumlah sekolah yang terlibat dalam kompetisi ini sebanyak 20 sekolah yang datang dari 5 kabupaten yang berbeda. Rinciannya  3 sekolah dari Lembata, 14 sekolah dari Nian Tana Sikka, dan masing-masing 1 sekolah dari kabupaten Flotim, Ende dan Nagekeo dengan jumlah peserta yang terlibat kurang lebih 110 orang.(OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More