Minggu 27 Oktober 2019, 09:05 WIB

ISE Jadi Wadah Hasilkan Karya Ilmiah

MI | Humaniora
ISE Jadi Wadah Hasilkan Karya Ilmiah

ANTARA
Indonesia Science Expo (ISE) 2019

 

INDONESIA Science Expo (ISE) 2019 memasuki penghujung acara setelah dilaksanakan selama empat hari sejak Rabu (23/10) hingga Sabtu (26/10). Beragam hasil penelitian dan inovasi dipamerkan di ajang yang telah memasuki tahun kelima penyelenggaraannya.

Sejumlah karya yang dipamerkan, antara lain hasil penelitian dan inovasi generasi muda Indonesia yang tampil di Lomba Karya Ilmiah Remaja­ (LKIR) ke-51 dan National Young Inventors Award (NYIA) ke- 12 yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Sebanyak 43 proyek penelitian dikompetisikan dalam LKIR yang terbagi
dalam empat bidang keilmuan, yakni ilmu pengetahuan hayati, ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan, ilmu pengetahuan kebumian dan kelautan, serta ilmu pengetahuan teknik.

Di sisi lain, NYIA menghadirkan 50 proyek penelitian dari 89 anak dan remaja seluruh Indonesia. “Semangat dan ketekunan mereka patut kita apresiasi. Semoga torehan prestasi adik-adik kita dapat menginspirasi dan memotivasi generasi muda Indonesia,” jelas Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dalam penutupan acara ISE 2019 di Hall ICE BSD Serpong, Tangerang, Banten, kemarin. 

Dia menjelaskan, pemenang LKIR tahun ini akan direkomendasikan untuk berkompetisi ke ajang International Science and Engineering Fair (ISEF) 2020 di Anaheim, California, Amerika Serikat. Bagi pemenang NYIA, akan dibawa untuk berkompetisi ke Kazan, Rusia untuk mengikuti ajang International Exhibition for Young Inventor (IEYI) 2020. 

“LIPI berharap masyarakat semakin optimistis menyongsong masa depan Indonesia, dan memotivasi putra-putri kita untuk terus berkarya,” ujar Handoko.

Dia menambahkan, dengan adanya ISE, masyarakat luas akan memahami pentingnya sain dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, lanjutnya, ISE harus diselenggarakan secara konsisten setiap tahun. Tujuannya tidak lain untuk memperkenalkan hasil-hasil terkini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Selain itu, ISE bisa menjadi wadah bagi penyedia dan pemakai hasil riset di berbagai sektor. (Ind/SM/N-3)
 

Baca Juga

Ilustrasi

Bansos Tahap II di Kabupaten Bekasi Cair Pekan Depan

👤Ihfa Firdausya 🕔Rabu 27 Mei 2020, 21:51 WIB
Mensos menyebut penyaluran BST tahap I di Kecamatan Tambun Selatan akan selesai dalam satu dua hari. Sementara untuk Kabupaten Bekasi akan...
AFP

Kenormalan Baru untuk Menyeimbangkan Mazhab Kesehatan dan Ekonomi

👤Abdillah Muhammad Marzuqi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 20:14 WIB
"Kementerian dan lembaga serta otoritas yang menangani korona harus bahu-membahu, bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkannya...
MI/Ramdani

Mamah Dedeh Meninggal Dunia? Ini Penjelasan Putrinya

👤Henri Siagian 🕔Rabu 27 Mei 2020, 20:10 WIB
Putri Dedeh Rosidah, Mia, juga membantah kabar tersebut. "Mamah sehat. Alhamdulillah. Mamah ada di rumah," kata putri kedua Mamah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya