Minggu 27 Oktober 2019, 08:25 WIB

Sejumlah Menteri Berinisiatif Bahas 5 Bali Baru

(Mir/X-3) | Ekonomi
Sejumlah Menteri Berinisiatif Bahas 5 Bali Baru

antara
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, usai pertemuan.

 

LIMA hari berselang setelah pelantikan Kabinet Indonesia Maju, 4 menteri, 2 wakil menteri, dan 1 kepala badan berinisiatif menggelar rapat membahas 10 tempat wisata Bali Baru di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), Jakarta, kemarin.

Para pembantu Presiden yang hadir, yakni Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubung an Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Dari 10 Bali Baru tersebut, 5 di antaranya merupakan prioritas utama yang ditargetkan rampung pada akhir 2020.

Kelima destinasi Bali Baru prioritas itu ialah kawasan Borobudur, Mandalika, Danau Toba, Labuan Bajo, dan Bitung-Manado-Likupang. Selain menjadi tempat wisata, kelima tempat itu diharapkan dapat menjadi ikon baru dan menghidupkan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah tersebut.

"Target selesai akhir 2020. Dana dari kami Rp7,8 triliun dan Kemenhub Rp2,5 triliun. Jadi, ada sekitar Rp10,1 triliun dari APBN. Ini harus dimanfaatkan oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata agar segera dirasakan masyarakat," kata Menteri PU-Pera, Basuki Hadimuljono seusai pertemuan.

Beriringan dengan proses pembangunan dan pengembangan yang dilakukan PU-Pera, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kini menyusun strategi dan program di lima Bali Baru tersebut.

"Kita tidak sekadar bikin event, tetapi harus melihat budaya lokalnya, misalnya di Mandalika apa?" ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama.

Di sisi lain, Menteri BUMN, Erick Thohir, menyebutkan pemerintah berupaya melibatkan investor dari dalam negeri dan asing.

"Saya pikir untuk beberapa lokasi seperti di Mandalika, Lombok, sudah ada investasi swasta dan luar negeri karena di Mandalika itu akan ada gelaran besar, yaitu lomba Moto-GP," ungkap Erick. (Mir/X-3)

 

Baca Juga

Dok Modernland

Cara Pengembang Kebut Pembangunan di Masa Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 November 2020, 00:15 WIB
Meski dikebut, pembangunan senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara...
Dok. BP tapera

Kerja Sama Pemda dan BP Tapera Terus Didorong

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 24 November 2020, 23:48 WIB
Ia mengatakan, keberadaan BP Tapera bertujuan untuk menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan, untuk...
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Bisnis Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep Disuntik Rp29 M

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 23:47 WIB
Mangkokku adalah perusahaan rintisan (startup) kuliner yang didirikan pada 2019 oleh juri Masterchef Indonesia Arnold Poernomo dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya