Sabtu 26 Oktober 2019, 23:05 WIB

Ma'ruf Amin Sebut Susunan Kabinet Gambarkan Kerukunan Elite

Faisal Abdalla | Politik dan Hukum
Ma

MI/ANDRI WIDIYANTO
Wakil Presiden Ma

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin menyebut komposisi Kabinet Indonesia Maju menggambarkan kerukunan di kalangan elite. Masyarakat diharapkan mencontoh para elite yang sudah rukun.

"Pak Jokowi mengumumkan kabinet yang mengakomodasi banyak pihak, termasuk lawan politik. Di tingkat elite, kerukunan sudah terbangun," kata Ma'ruf Amin saat hadir di Kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta, Sabtu (26/10).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir di Kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta, Sabtu (26/10) malam, dalam rangka mengikuti pengambilan gambar special event Metro TV bertajuk Simfoni Kerukunan Bangsa.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf Amin sempat memimpin tokoh lintas agama memanjatkan doa agar Indonesia kembali rukun dan damai.

Ma'ruf menyebut kerukunan antarsesama menteri di Kabinet Indonesia Maju begitu terasa. Tak ada lagi sekat-sekat yang memisahkan para menteri meski berasal dari berbagai latar belakang politik.

Ma'ruf berharap masyarakat ikut mencontoh sikap para elite yang sudah rukun.

Baca juga: Ditanya Kans Jadi Wantimpres, Jusuf Kalla: Enggaklah

Dia percaya jika kalangan elite rukun, masyarakat juga akan rukun. "Seluruh masyarakat terutama pemimpin-pemimpinya, tokoh-tokohnya, baik tokoh politik maupun agama, kalau kerukunan dimulai dari pemimpinnya, akar rumputnya akan ikut," ujarnya.

Kabinet Indonesia Maju berisikan 34 menteri, empat pejabat setingkat menteri, dan 12 wakil menteri. Jajaran menteri dilantik pada Rabu (23/10) sedangkan wakil menteri pada Jumat (25/10).

Kabinet berisikan beragam latar belakang. Mulai dari kalangan partai politik (parpol), profesional, dan juga kompetitor Presiden Joko Widodo dalam Pemilu Presiden dan Wapres) 2019 yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mengisi jabatan Menteri Pertahanan. Adapun Wakil Ketua Partai Gerindra Edhy Prabowo dipercaya mengisi Menteri Kelautan dan Perikanan. (Medcom.id/X-15)
 

 

 

Baca Juga

Dok.mediaindonesia.com

Kapolri Diminta Serius Usut Dugaan Salah Tembak di Poso

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 04 Juni 2020, 21:55 WIB
KAPOLRI Jenderal Pol Idham Aziz diminta mengusut tuntas dugaan salah tembak dua petani di Poso, Sulawesi...
MI/Susanto

Utamakan Edukasi dibanding Penegakan Hukum saat New Normal

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 04 Juni 2020, 21:09 WIB
Ketua Komnas HAM setuju TNI terlibat dalam kondisi darurat karena fasilitas lengkap dan SDM terlatih tapi tidak untuk penegakan...
MI/Kristiadi

Waduh, Boni Hargens Tiba-tiba Bicara Upaya Kudeta Pemerintahan

👤Putra Ananda 🕔Kamis 04 Juni 2020, 20:40 WIB
Boni juga menyebut bahwa kelompok yang ia sebut sebagai 'laskar pengacau negara' juga berusaha memanfaatkan potensi krisis ekonomi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya