Minggu 27 Oktober 2019, 07:15 WIB

Merasakan Sensasi Tanto dan Copen di Fuji Speedway

(Ida/S-3) | Olahraga
Merasakan Sensasi Tanto dan Copen di Fuji Speedway

DOK ASTRA DAIHATSU MOTOR
Para jurnalis dari Indonesia tengah menjajal mobil Copen di Fuji Speedway, Jepang, Jumat (25/10).

DI bawah guyuran hujan dan suhu udara sekitar 8 derajat celsius, sebanyak 17 jurnalis dari Indonesia menjajal Daihatsu Tanto dan Copen di Fuji Speedway Jepang, Jumat (25/10). Tempat tersebut merupakan salah satu test course terkenal di Gunung Fuji, Oyama, Shizuoka.

Kehadiran para jurnalis itu sekaligus memanfaatkan Tokyo Motor Show (TMS) yang digelar di Tokyo, pada 24 Oktober-4 November 2019. Sebanyak 4 unit Tanto dan 3 unit Copen disiapkan.

Semua mobil Tanto yang dijajal menggunakan transmisi CVT (continuously variable transmission). Tiga mobil Copen yang disiapkan, yakni varian Robe, Xplay, dan Cero dengan dua unit bertransmisi CVT dan 1 transmisi manual.

Dua jenis kendaraan itu merupakan dua di antara sembilan mobil yang dipamerkan di TMS 2019. Jurnalis Indonesia pertama menjajal sensasi Tanto.

Beda dengan test drive yang biasa dilakukan, para jurnalis merasakan sensasi Tanto di jok penumpang dan mendengarkan penjelasan dari pengemudi Daihatsu Motors Corp Ltd. Tanto yang diuji coba merupakan produk Daihatsu New Global Architecture pertama yang dipamerkan di GIIAS 2019.

Test drive Tanto lebih difokuskan pada sensasi keamanan dan keselamatan melalui advanced safety assist system (ASAS) yang membantu meminimalkan potensi kecelakaan. Tanto dilengkapi dengan kamera pendeteksi lingkungan sekitar yang akan mengirimkan sinyal ke ECU smart assist agar mobil bereaksi untuk menghindari kecelakaan. ASAS mengusung smart assist plus assist. Fitur itu terdiri dari active cruise control, lane keep control, dan smart panorama parking assist.

Untuk test drive Copen, para jurnalis lebih mencoba pada kecepatan Copen di tengah guyuran hujan di sirkuit yang pernah menjadi ajang Formula I pada 1976, 1977, dan 2007 itu. Mobil mungil bergaya roadster yang pertama kali diperkenalkan pada 2015 ini mengusung mesin berkapasitas 660 cc dengan turbo intercooler yang sanggup mengembuskan tenaga hingga 64 HP.

Torsi puncak mencapai 92 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan fitur electronic throttle system sehingga menghasilkan akselerasi yang halus dan hemat bahan bakar.

Menurut Ryo Kawasuki dari Astra Daihatsu Motor, Daihatsu merupakan pelopor kei mobil (city car) yang menggunakan teknologi smart assist plus.

Marketing Director Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, mengatakan test drive itu ingin menunjukkan bahwa Tanto memiliki safety assist system teranyar sebagai fitur keselamatan. Untuk Copen, Daihatsu ingin memberikan kesempatan kepada jurnalis untuk mengeksplorasi kelebihannya sebagai elegant sporty coupe sekaligus kendaraan yang aman dan nyaman. (Ida/S-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More